PERBANDINGAN PENDIDIKAN DI 10 NEGARA DENGAN INDONESIA
DITINJAU DARI :
1.
JENJANG PENDIDIKAN DASAR DAN TINGGI
· Negara Kanada
1) Pendidikan Dasar
Pada jenjang pendidikan dasar dan
menengah, pemerintah Kanada menerapkan ketentuan bahwa semua anak usia enam
tahun sudah harus masuk kelas I Sekolah Dasar. Sekolah
dasar: biasanya mulai kelas 1 sampai 6. Tahun
ajaran biasanya berlangsung mulai bulan September sampai bulan Juni tahun
berikutnya, tetapi kadang-kadang penerimaan murid dalam bulan Januari juga
mungkin
2) Pendidikan Tinggi
Kanada memiliki banyak universitas
dan akademi yang tersebar di tiap wilayah dalam kota maupun di luar kota. Pada
tahun 1663, seminari Quebec menjadi institusi pendidikan tingkat lanjut pertama
di negeri cikal bakal Kanada. Institut berbahasa Inggris pertama adalah
universitas New Brunswick yang pertama kali membuka pintunya untuk mahasiswa
pada tahun 1785. Kebanyakan universitas Kanada dibiayai oleh negara, dan semua
menjaga kualitas canggih secara konsisten tanpa memandang lokasinya. Kesemuanya
menjaga mutu pendidikan akademis canggih secara otonomi. Jumlah mahasiswa di
setiap universitas bervariasi dari 35000 sampai kurang dari 1000. Sebagai
tambahan, banya universitas memiliki mahasiswa-mahasiswa yang belajar part-time
dan tingkat lanjut (S2 dan S3).
· Negara Armenia
1) Pendidikan Dasar
pendidikan
umum di Armenia berusaha untuk mengembangkan pengetahuan anak-anak alam dan
diri, memahami nilai-nilai dan politik, dan persiapan militer. Lebih khusus, fokus dari sekolah dasar
(kelas satu sampai tiga) adalah pada budidaya bahasa, matematika, dan
keterampilan kerja, dengan mata terhadap pendidikan karakter. Sekolah menengah (kelas empat sampai
delapan) membawa fokus pada ilmu pengetahuan dan hidup sehat, serta membantu
mengembangkan rasa kemandirian dan perawatan diri pada siswa. SMA (kelas sembilan sampai sepuluh)
membawa ini basis pengetahuan bersama-sama dan menawarkan pelatihan tambahan
bagi siswa dengan kepentingan akademik khusus. Sebuah sekolah dapat menawarkan
tingkat kelas tunggal atau tingkat kelas ganda.
2) Pendidikan Tinggi
·
Tingkat pertama (sarjana muda) meliputi 4 tahun
studi di institusi (Universitas). Tujuan utamanya adalah untuk memperoleh
pengetahuan umum di mata pelajaran khusus dan juga untuk berkenalan dengan
ekonomi, sejarah, filsafat, hukum, kedokteran dan mata pelajaran
lain. Setelah menyelesaikan institusi tahun 4 "Bakalavri kochum"
yaitu gelar Bachelor diberikan. The "Diplom" diberikan jika
lembaga lima tahun.
·
Tingkat kedua (Kehakiman) mencakup berikutnya 2 tahun
studi. Tujuannya adalah untuk memperoleh pengetahuan mendalam dalam mata
pelajaran spesialisasi, untuk mempelajari mata pelajaran spesialisasi
tambahan. Ini dapat berupa satu tahun atau program 2-tahun. Dalam
kedua kasus siswa diberikan gelar Master yang pada suara Armenia "Magistrosi
kochum" Gelar Master di Armenia diberikan hanya pada lembaga negara,
satu-satunya pengecualian adalah American University of Armenia, yang merupakan
perusahaan patungan yang disponsori oleh Diaspora Armenia yayasan.Namun tingkat
lembaga ini (yang merupakan kampus UCLA) diakui oleh Republik Armenia dan
merupakan salah satu gelar terbaik di Republik.
·
Tingkat ketiga ("aspirantura" - pasca sarjana beasiswa)
terus 2 tahun. Siswa memperoleh pengetahuan yang diperlukan untuk
melakukan penelitian ilmiah-kerja. Setelah menyelesaikan tingkat ini dan
mempertahankan disertasi para siswa diberi penghargaan "Calon
Science" derajat atau di Armenia "Gitutiunneri Teknatsu"
· Negara Polandia
1) Pendidikan Dasar
Sebelum reformasi 1999, pendidikan dasar berlangsung
selama 8 tahun dan mendapatkan ?wiadectwo ukonczenia szkoly podstawowej (Sertifikat
Kelulusan Pendidikan Sekolah Dasar). Sekunder pendidikan umum diberikan dalam
empat tahun umum kamar bacaan (liceum ogólnokszta?c?ce)
2) Pendidikan Tinggi
Di masa lampau Polandia banyak menghasilkan lulusan
pendidikan tinggi yang cukup terkemuka di dunia selain Marie Curie dan
Nicholaus Copernicus siapa yang tidak mengenal Frederik Chopin, sang pianist
terkemuka abad 18 dengan sentuhan piano romantiknya dalam “Mozart of
Romanticism”, lalu ada Romans Polanski sutradara dan produser film The Pianist
yang memenangkan festival film Cannes dan Oscar, Robert Kubica sang pengemudi
F1 dari Renault adalah driver asal Polandia, Karol Jozef Wojtyla yang
terkenal sebagai Paus Johannes Paulus yang dikenal sebagai tokoh anti perang
saat era perang dingin dan perang Irak 2003.
Organisasi
pendidikan tinggi ini
didasarkan pada undang-undang tentang pendidikan tinggi dari 27 Juli 2005.
Sistem pendidikan tinggi terdiri dari kedua lembaga publik dan non-publik.
Sebelum 1990, hanya ada lembaga negara pendidikan tinggi (dengan pengecualian
dari Universitas Katolik Lublin). Undang-Undang Pendidikan Tinggi,
diperkenalkan pada tahun 1990, memungkinkan penciptaan non-negara institusi
pendidikan tinggi. Ketika Sekolah UU Pendidikan Tinggi Profesional mulai
berlaku pada tahun 1997, program pendidikan profesional yang lebih tinggi
diciptakan. Dengan demikian, saat ini, ada baik universitas-jenis dan
non-universitas jenis (profesional pendidikan) lembaga-lembaga di Polandia.
Lulusan dari program studi tingkat pertama (studia pierwszego stopnia) yang
dianugerahi gelar profesional licencjat atau in?ynier (atau setara) setelah
studi 3-4 tahun '. Lulusan dari program tingkat kedua (studia drugiego stopnia)
yang dianugerahi gelar profesional magister atau setara setelah 1,5 sampai 2
tahun kursus tingkat magister melengkapi. Ada juga seragam 5-tahun kursus
tingkat magister (jednolite studia magisterskie). Lembaga pendidikan yang
paling tinggi berada di bawah tanggung jawab Departemen Pendidikan Nasional dan
Sains. Beberapa, bagaimanapun, berada di bawah kendali Kementerian berwenang
lainnya: Departemen Kesehatan (Akademi Kedokteran) dan Departemen Kebudayaan
(Akademi Musik, Seni Rupa, Teater, dan Film Studies). Ada juga sekolah yang
diawasi oleh Departemen Pertahanan Nasional (sekolah militer), Departemen Dalam
Negeri dan Administrasi (sekolah utama dari layanan api, sekolah polisi) dan
Kementerian Infrastruktur (merchant navy sekolah). Jumlah lembaga negara
pendidikan tinggi adalah 129 dan ada 303 lembaga non-negara pendidikan tinggi.
Credential memberikan akses ke pendidikan tinggi adalah dojrza?o?ci ?wiadectwo
(Sertifikat Kematangan) dari jenis tertentu sekolah menengah. Masuk ke
pendidikan tinggi didasarkan pada hasil pemeriksaan Jatuh Tempo. Lembaga
pendidikan tinggi juga dapat mengatur ujian masuk dan memeriksa pengetahuan dan
kemampuan yang diuji.
· Negara jepang
1) Jenjang pendidikan dasar
Pendidikan
dasar di jepang adalah 9 tahun mulai dari
SD hingga SMP, dan merupakan pendidikan wajib yang harus
diikuti oleh setiap siswa yang ada di Jepang.
Di mana pendidikan tersebut menjadi dasar
pembentukan kepribadian, watak, dan prilaku. Sehingga pemerintah Jepang sengaja
membebaskan biaya pendidikan untuk tingakat SD hingga SMP. Pendidikan wajib di
Jepang diikuti oleh siswa yang berusia 6-15 tahun. Setiap tanggal 1 April
Sekolah Dasar di Jepang mulai membuka tahun ajaran baru dan membuka pendaftaran
bagi para calon-calon siswa tingkat Sekolah Dasar.
Pada
Sekolah Dasar, murid-murid akan diajarkan bahasa Jepang, pengenalan lingkungan
hidup, musik, menggambar, olahraga, kerajinan tangan, pelajaran-pelajaran
topik, ilmu-ilmu sains, aritmatik, homemaking, dan sosial. Pada pelajaran
mengenai ilmu sosial murid-murid Sekolah Dasar ini diberikan pendidikan moral,
berpartisipasi dalam aktivitas sosial, dll. Pada Sekolah Dasar dipimpin oleh
seorang guru kelas yang menguasai seluruh mata pelajaran yang akan
diajarkan kepada para siswanya.
2) Jenjang pendidikan tinggi
Ada tiga jenis pendidikan pada Perguruan Tinggi Jepang :
· Universitas, Pada
universitas terdapat pendidikan untuk menempuh gelar sarjana S1 bergelar
Bachelor’s Degree ditempuh selama 4 tahun (untuk mahasiswa kedokteran dan
dokter gigi menempuh pendidikan selama 6 tahun) dan Pascasarjana S2 Master’s
Degree ditempuh selama 2 tahun dan S3 Doctor’s Degree ditempuh selama 5 tahun.
· Junior College,
Membutuhkan waktu sekitar tiga hingga 4 tahun masa pendidikan bagi para lulusan
SMA. Junior College cukup memenuhi setengah dari kredit yang harus ditempuh
Bachelor’s Degree. Calon-calon mahasiswa Universitas dan Junior College dipilih
berdasarkan hasil ujian serta prestasi calon-calon mahasiswa ketika berada di
SMA. Untuk universitas negri calon-calon mahasiswa dipilih berdasarkan dua tahap
penyeleksian yaitu tes gabungan kecakapan dan ujian masuk universitas sebagai
tahap akhir penyeleksian.
· Technical
College, Dapat diambil bagi calon mahasiswa yang tamat pendidikan SMP.
Technical College menghasilkan lulusan-lulusan tenaga teknisi.
· Negara Perancis
1) Pendidikan Dasar
Di Perancis Pada tingkat
Sekolah Dasar (SD) yang pendidikannya adalah gratis, wajib dan tidak membedakan
aliran keagamaan, terdapat dua jenis pendidikan pararel; sekolah umum
pemerintah dan sekolah-sekolah menengah kecil yang disebut “lycees”. Yang
terakhir ini sering menampung murid-murid yang berasal dari kelas menengah
borjuis, yang selalu keberatan mengirimkan anak-anaknya ke sekolah yang sama
bersama anak-anak rakyat biasa.
Dari umur 6 sampai 11 tahun
anak-anak memasuki sekolah rendah. Pelajaran di tingkat ini sama bagi semua
anak, baik laki-laki maupun perempuan. Namun sebelum memasuki sekolah rendah
itu, anak-anak memasuki pendidikan pra-sekolah, yang disebut ”ecoles
maternelles” atau sekolah ibu, mulai umur 2 tahun. Pusat perhatian pendidikan
pra-sekolah ini, adalah perkembangan fisik, intelek dan moral anak. Untuk
mencapai tujuan tersebut kurikulumnya terdiri atas gerak badan, bermain-main,
bernyanyi, menggambar dan melukis serta membuat barang-barang dengan tangan; dan
diadakan latihan observasi terhadap benda-benda yang ada disekitar lingkungan
anak.
Pada tahun terakhir
anak-anak pra-sekolah mulai diperkenalkan dengan pelajaran membaca, menulis dan
berhitung. Pendidikan rendah dibagi atas 3 bagian, yaitu:
· Persiapan,
bagi anak yang berumur 6 sampai 7 tahun.
· Elementer,
bagi anak yang berumur 7 sampai 9 tahun.
· Pertengahan,
bagi anak yang berumur 9 sampai 11 tahun
2) Pendidikan Tinggi
Jenjang pendidikan tinggi,
diberikan di universitas-universitas. Universitas Sarbonne di Paris adalah
Universitas Pusat. Disetiap academie ada sebuah universitas sebagai pusat.
Setiap universitas, baik di pusat, maupun yang di academie-academie, terdiri
dari sejumlah fakultas. Suatu universitas dapat juga meliputi lembaga-lembaga
yang meliputi suatu akademi dalam ilmu-ilmu tertentu. Fakultas atau institut
penelitian atau sekolah tinggi yang menjadi bagian dari suatu universitas,
mempunyai otonomi yang luas; dan mempunyai fasilitas-fasilitas sendiri seperti
laboratorium dan perpustakaan. Universitas Paris misalnya; mempunyai lebih dari
100 perpustakaan khusus dalam bidang-bidang tertentu dan tersebar di berbagai
tempat (Tadjab,1994:101). Pendidikan Tinggi (universitas), dibagi dalam 3
cycle, masing-masing 2 tahun lamanya dan diakhiri dengan ujian.
Cycle pertama mengenai
”science” terdiri dari 4 jurusan yang dapat dipilih mahasiswa. Kalau lulus
ujian pada cycle science ini, mahasiswa mendapat ijazah D.U.E.S. dan
diberi kesempatan untuk melanjutkan ke institusi lain, atau akan terus
belajar pada universitas yang sama.
Cycle kedua mengenai
kesenian, mempunyai 5 jurusan, untuk mahasiswa yang tidak ingin menjadi guru.
Yang lulus ujian akhir cycle kesenian ini mendapat ijazah D.U.E.L.
Cycle ketiga, ditujukan
untuk menghasilkan para peneliti dengan gelar ”maitreise”. Bagian science
terdiri dari 12 jurusan. Selama cycle ini, mahasiswa bagian science harus
mendapatkan 4 ijazah (2 ijazah) setiap tahun, sedangkan bagian kesenian 2
ijazah. Untuk mendapatkan gelar ”maitrase” seorang mahasiswa harus membuat
thesis; pada akhir tahun ketiga diberi ijazah ”licence”, yang menghendaki
pengkhususan dalam satu atau dua mata pelajaran di sekolah. Ijazah untuk
menjadi guru Lycee diperoleh setelah menamatkan IPES (Institut de Preparation
Aux Enseignenments Du Second Degree), dan menempuh ujian negara yang diadakan
tiap tahun dan bersifat kompetitif dan selektif. Pada akhir cycle ketiga,
mahasiswa yang lulus ujian, mendapat gelar doktor.
· Negara Aljazair
1) Pendidikan Dasar
Ecole fondamentale
(Fundamental School)
Panjang program: sembilan
tahun
Rentang usia:
6-15tahun
2) Pendidikan Tinggi
Program
Universitas
·
Stadium I: Pada
tingkat sarjana, program yang ditawarkan pada dua track paralel. Yang
pertama adalah jalur tiga tahun pendek, yang dalam banyak kasus tidak
memberikan akses untuk penelitian lebih lanjut. Siswa lulus dari lintasan
pendek program yang dianugerahi Diplome d'Etudes Universitaires appliques (DEUA). Lebih
umum adalah empat sampai lima tahun program panjang yang menuju ke lisensi atau Diplome d'Etudes Superieures (keduanya
empat tahun) atau, dalam lembaga teknologi yang Diplome d'Ingenieur (lima tahun), yang diberikan dalam
bidang teknologi dan beberapa alam dan ilmu bumi. Para lisensi diberikan
di humaniora dan ilmu sosial untuk lulusan perguruan tinggi, guru-lembaga
pelatihan dan khusus lembaga. Para Diplome d'Etudes Superieures diberikan
di bidang ilmiah dan teknologi. Selanjutnya pendidikan lima tahun termasuk Diplome d'Etat d'Architecte, Diplome de Pharmacien danDiplome Vétérinaire de Dokter . Dalam
bidang-bidang seperti teknik, siswa yang telah menyelesaikan DEUA di bidang
terkait dapat memasuki tahun ketiga dari d'Ingenieur Diplomeprogram. Para Diplome de Docteur en Medecine membutuhkan
tujuh tahun studi.
·
Stadium II: Tingkat
penelitian pertama ( Diplome de postgraduation ) yang
ditawarkan untuk lulusan relevan pertama program lama ( lisensi, DES )
adalah dua tahun Diplome de
Magister . Mahasiswa mengambil kelas inti praktis dan
teoritis di samping kelas dan pilihan di daerah mereka spesialisasi. Siswa
juga diharuskan untuk belajar bahasa asing dan melakukan penelitian asli yang
berpuncak pada persiapan dan pertahanan dari tesis. Jika mereka berencana
untuk menjadi pendidik, mahasiswa diwajibkan untuk mengambil kelas
pedagogis. Selain menyelesaikan program pertama-tier panjang, siswa harus
lulus ujian masuk untuk mendaftar di magister program. Dalam
kebanyakan kasus sertifikat diploma akan menyebutkan bidang studi kelas,,
spesialisasi keseluruhan dan judul tesis. Magister program
yang ditawarkan di kedua universitas dan institut dengan fakultas yang
berkualitas.
·
Tahap III: Tingkat
Doktor adalah gelar tertinggi yang diberikan di Aljazair. Hal ini terbuka
untuk pemegang magister dan memerlukan tiga sampai lima tahun
penelitian asli, penerbitan setidaknya satu artikel dalam jurnal ilmiah dan
persiapan dan pertahanan disertasi. Sebuah kelas terhormat atau
très terhormat pada disertasi diperlukan untuk penerimaan
· Negara Arab Saudi
1) Pendidikan Dasar
Durasi: 6 tahun (umur 6 – 12 tahun)
Pelajaran wajib: bahasa arab, seni,
geografi, sejarah, ekonomi rumah tangga (khusus perempuan),
matematika,
pendidikan fisika (khusus laki-laki), studi Islam, dan sains.
2) Pendidikan Tinggi
Pendidikan tinggi atau universitas di Arab Saudi
terbagi menjadi dua bagian utama yakni Pendidikan Agama dan Pendidikan Umum.
Namun demikian, sekarang sudah sangat banyak universitas yang menggabungkan
keduanya. Jenis perguruan tinggi di Arab Saudi adalah universitas, institut
untuk perempuan (college for women), institut administrasi publik (institute of
public administration) dan institut keguruan (teacher training college). Semua
universitas berada di bawah supervisi Kementerian Pendidikan Tinggi (Ministry
of Higher Education) kecuali Universitas Islam Madinah (Islamic University of
Medinah), Universitas terbaik di Arab Saudi untuk pendidikan agama Islam, yang
berada di bawah supervisi dewan menteri (Council of Ministers). Untuk memasuki
perguruan tinggi di Arab Saudi, calon mahasiswa harus memenuhi tes masuk
perguruan tinggi (General Secondary Education Certificate Examination) atau
Tawjihi.
· Negara Singapura
1) Pendidikan Dasar
Ini adalah program
sekolah wajib di Singapura dengan masa tempuh pendidikan selama 6 tahun yang
terdiri dari 4 tahun pendidikan dasar dari kelas 1 hingga 4 dan dilanjutkan
dengan 2 tahun masa orientasi mulai kelas 5 hingga 6. Keseluruhan dari program
pendidikan ini adalah untuk memberikan bekal kepada para siswa dalam mata
pelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Ibu dan Matemarika. Pada tahun terakhir (kelas
6), para siswa akan menjalani ujian nasional bernama PSLE (Primary School
Leaving Examination), yang akan sangat menentukan masa depan pendidikan mereka.
2) Pendidikan Tinggi
Setelah menyelesaikan ujian tingkat GCE 'O', para siswa
diperbolehkan mendaftar untuk mengikuti program akademi selama dua tahun masa
pelajaran pada pra-universitas atau institut terpadu selama tiga tahun masa
pelajaran pada pra-universitas, yang keduanya merupakan dasar untuk masuk ke
universitas. Kurikulum terdiri dari dua mata kuliah wajib, yaitu General Paper
dan Mother Tongue, dan maksimum empat subyek Singapore-Cambridge General
Certificate of Education 'Advanced' (GCE 'A') dari tingkat seni, ilmu
pengetahuan dan pelajaran tentang perniagaan. Di akhir masa
pelajaran pada pra universitas siswa mengikuti ujian tingkat GCE 'A'.
Pendidikan Tinggi merupakan jenjang pendidikan
setelah pendidikan menengah yang mencakup program pendidikan diploma, sarjana,
magister, spesialis dan doktor yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi.
· Negara Australia
1) Pendidikan Dasar
Australia
terdiri dari 6 (enam) negara bagian (New South Wales, Queensland, Tasmania,
Australia Selatan, Australia Barat dan Victoria) dan 2 (dua) wilayah
daratan (Northern Territory dan Australian Capital Territory). Pada
masing-masing negara bagian dan wilayah daratan terdapat perbedaan lamanya
pendidikan dasar (Primary School), yaitu ada yang 6 (enam) tahun dan ada
yang 7 (tujuh) tahuan.
Untuk
negara bagian dan wilayah daratan New South Wales, Victoria, Tasmania dan
Australian Capital Territory, Sekolah Dasar (Primary School) selama
6 (enam) tahun dan untuk negara bagian dan wilayah daratan Queensland,
Australia Selatan, Australia Barat dan Northern Territory, Sekolah
Dasar (Primary School) selama 7 (tujuh) tahun.
Pendidikan
dasar atau Primary School adalah wajib bagi anak yang berusia
6 (enam) tahun sampai
usia 12 atau 13 tahun tergantung dari lamanya pendidikan dasar di daerah
tersebut. Untuk kurikulum pada masing-masing negara bagian dan wilayah daratan
ada yang sama ada juga yang berbeda, tergantung dari otorita daerah
masing-masing. Untuk semua negara bagian dan wilayah daratan Sekolah Dasar (Primary
School) yang bersifat keagamaan merupakan milik swasta (tidak ada
satupun sekolah dasar yang bersifat keagamaan merupakan sekolah dasar negeri).
2) Pendidikan Tinggi
Pendidikan
tinggi adalah jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup
program pendidikan sertifikat, diploma, sarjana, sertifikasi (Graduate Certificate), profesi (Graduate
Diploma), magister dan doktor yang diselenggarakan oleh perguruan
tinggi di Australia. Perguruaan tinggi di Australia adalah Program Lanjutan,
Akademi, Sekolah Tinggi dan Universitas.
Program
lanjutan di Australia merupakan jalur pendidikan berupa kursus keterampilan
yangi terlebih dahulu harus menyelesaikan pendidikan menengah. Jalur pendidikan
ini tidak mengutamakan gelar sarjana dan mendapatkan sertifikat dengan
level I-IV, tergantung dari tingkat keahliannya. Lama pendidikan program
lanjutan berkisar antara 6 – 24 bulan.
Akademi
di Australia memfokuskan pada keahlian dari mahasiswa, yang sasarannya dunia
kerja. Lama pendidikan ditingkat akademi antara perguruan tinggi berbeda-beda berkisar
antara 1,5 – 3 tahun. Pada jalur pendidikan ini, mahasiswa dapat
melanjutkan kependidikan yang lebih tinggi (tingkat universitas).
Sekolah
tinggi dan univeristas bertujuan untuk mencetak sarjana, magister maupun
doktor. Lama pendidikan untuk memperoleh gelar sarjana (Bachelors degree)
berkisar antara 3 – 5 tahun, untuk sertifikasi (Graduate Certificate) dibutuhkan
waktu 6 bulan dan untuk pendidikan profesi (Graduate Diploma) dibutuhkan
waktu 1 tahun. Untuk melanjutkan ketingkat yang lebih tinggi (Masters
degree) diperlukan waktu 1 – 2 tahun dan doktor (PhD) diperlukan
waktu 4 – 5 tahun
· Negara Agrentina
1) Pendidikan Dasar
Berdasarkan
tabel diatas, sekolah dasar di negera Argentina dilaksanakan selama tujuh
tahun, dengan tahun akademik maret sampai Desember dan berlangsung
sekitar 200 hari (40
jam/tahun dengan jumlah jam belajar 23,5 jam/minggu). Sekolah ditutup
untuk liburan nasional, seperti Jumat Agung dan Paskah, dan dua minggu pada
bulan Juli untuk berlibur. sementara
itu penyelenggaraan pendidikan Sekolah Dasar berlangsung 6 tahun dengan waktu
efektif belajar 34 minggu / tahun, jumlah jam belajar 27-38
/minggu. Hal ini menunjukkan
bahwa adanya persamaan antara masa belajar Sekolah Dasar yang dilaksanakan oleh
Negara Argentina (7 tahun) dan Indonesia (6 tahun). Serta jumlah materi
pelajaran pada negera Argentina lebih sedikit dibanding negara Indonesia.
Pelajaran resmi di argentina terdiri dari Bahasa Spanyol, matematika,
ilmu pengetahuan sosial, ilmu
pengetahuan alam, pelatihan (musik,
seni estetika, dan kerajinan tangan), pendidikan jasmani.
2) Pendidikan Tinggi
Pendidikan tinggi di Argentina dibagi menjadi 3
fase, yaitu Masa studi 3 tahun untuk
guru dan teknisi, 4-6 tahun untuk
teknik, kedokteran, hukum dan kualifikasi pascasarjana. Meskipun pendidikan
tinggi secara teori gratis, biaya tersembunyi seperti akomodasi, transportasi,
bahan dan pendapatan forgoing membuat ini kurang dari kenyataan.
· Negara Indonesia
1) Pendidikan Dasar
Indonesia
merupakan negara kepulauan yang terdiri atas 33 propinsi. Lama pendidikan dasar
di Indonesia adalah 9 (tahun) tahun, yaitu Sekolah Dasar (SD/MI) selama 6
(enam) tahun dan Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs) selama 3 (tiga) tahun.
Pendidikan dasar adalah wajib bagi anak berusia 6 (enam) tahun sampai usia 15
tahun.
Di
Indonesia, ada 2 (dua) jalur pendidikan dasar yang setaraf dengan SD dan SMP,
yaitu MI dan MTS. Jenjang pendidikan dasar dimulai pada kelas 1 (satu) sampai
kelas 6 (enam) untuk SD/MI dan kelas 7 (tujuh) sampai 9 (sembilan)
untuk SMP/MTs
2) Pendidikan Tinggi
Perguruan
tinggi di Indonesia dapat berbentuk Akademi, Politeknik, Sekolah Tinggi,
Institut dan Universitas.
Akademi
adalah pendidikan tinggi yang diarahkan pada penguasaan
keahlian terapan tertentu dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu
pengetahuan, teknologi, dan/atau seni tertentu. Akademi mencakup program
pendidikan vokasi yaitu diploma 1 (D1) dengan lama studi 1 tahun, diploma 2 (D2) dengan lama studi 2 tahun, diploma 3 (D3) dengan lama studi 3 tahun, dan diploma 4 (D4) atau maksimal setara dengan program pendidikan sarjana. Lulusan pendidikan akademi akan mendapatkan gelar akademi.
Politeknik
adalah pendidikan tinggi yang diarahkan pada penguasaan
keahlian terapan tertentu dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus. Politeknik
mempunyai program pendidikan sama seperti akademi. Beda akademi dan politeknik
terletak pada bidang pengetahuannya (politeknik bidang pengetahuannya lebih
khusus dibanding akademi).
Sekolah
tinggi / institut / universitas adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik (yang diarahkan terutama pada
penguasaan dan pengembangan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni
tertentu, yang mencakup program pendidikan sarjana, magister, dan doktor) dan/atau vokasi
dalam lingkup satu disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dan jika
memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi (pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan
dengan persyaratan keahlian khusus).
Institut
merupakan perguruan tinggi negeri, sedangkan sekolah tinggi merupakan perguruan
tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta. Beda universitas dengan institut dan
sekolah tinggi adalah dari program studi yang ditawarkan (unversitas program
studinya lebih umum dan beragam).
Untuk
memperoleh gelar sertifikasi (dalam pendidikan akta 4) memerlukan waktu
rata-rata 1 tahun dan gelar profesi (spesialis) rata-rata memerlukan waktu 1 –
2 tahun.
makasih
ReplyDeleteokey
Delete