DESAIN INSTRUKSIONAL MATA PELAJARAN
BIOLOGI SMA KELAS X SEMESTER 1 POKOK BAHASAN PROTISTA
Analisis mata pelajaran Biologi Kelas X
Semester 1.
Analisis Instruksional
Satuan
Pendidikan : SMA ISLAM AZ-ZAHRA PALEMBANG
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X / 1
Standar Kompetensi : Memahami
prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup
Kompetensi Dasar : Menyajikan ciri-ciri
umum kingdom Protista, dan perannya bagi kehidupan
Materi
Pokok : Kingdom
Protista
Alokasi
Waktu : 4 X 45 menit (2 kali pertemuan)
1. Identifikasi Kebutuhan Instruksional dan
Tujuan Instruksional Umum (TIU)
·
Menyajikan ciri-ciri umum kingdom Protista, dan perannya bagi
kehidupan
Ø
Analisis Instruksional
1.
Menyebutkan 5 ciri-ciri Protista
2.
Menjelaskan Klasifikasi Protista
3.
Menjelaskan cara reproduksi Protista
4.
Menyebutkan perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan
dan jamur
5.
Menjelaskan peranan protista bagi kehidupan
6.
Menjelaskan dampak
negatif protista bagi kehidupan
2. Identifikasi Perilaku dan
Karakteristik Awal
Kompetensi yang belum dimiliki
:
1.
Menjelaskan cara reproduksi Protista
2.
Menyebutkan perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan
dan jamur
3.
Menjelaskan peranan protista bagi kehidupan
Kompetensi yang sudah dimiliki :
1.
Menyebutkan 5 ciri-ciri Protista
2.
Menjelaskan klasifikasi protista
3.
Menjelaskan dampak
negatif protista bagi kehidupan
Lingkungan :
1.
Ketersediaan Laboratorium penunjang pengamatan protista.
2.
Ketersediaan perangkat pendukung multimedia
pembelajaran seperti LCD Proyektor.
3. Tujuan
Instruksional Khusus (TIK)
1.
Setelah melakukan diskusi peserta didik dapat
menjelaskan cara reproduksi protista
2.
Setelah melakukan pengamatan di laboratorium peserta
didik dapat menyebutkan perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
3.
Setelah melakukan demonstrasi kelas peserta didik dapat
menjelaskan peranan protista bagi kehidupan
4. Tes
Acuan Patokan
(Penilaian tes acuan patokan)
NO
|
URAIAN
|
SKOR
|
1
|
Jelaskan
cara reproduksi protista mirip hewan!
|
30
|
2
|
Sebutkan
perbedaan antara protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur!
|
40
|
3
|
Tuliskan
5 peran protista bagi kehidupan manusia!
|
30
|
SKOR
|
100
|
5. Strategi
Instruksional
Mata Pelajaran : Biologi kelas X materi Protista
TIK No. 1 : Setelah
melakukan diskusi peserta didik dapat menjelaskan cara reproduksi protista
Uraian Kegiatan Instruksional
|
Metode
|
Media
|
Waktu (Dalam Menit)
|
||||
Guru
|
Siswa
|
Jml
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
Deskripsi Singkat
|
Pentingnya pengetahuan dalam menjelaskan cara reproduksi
protista
|
Ceramah
|
LCD
Laptop
|
4
|
-
|
4
|
Relevansi
|
Kaitan antara reproduksi hewan
dengan protista mirip hewan
|
Ceramah
|
LCD
Laptop
|
4
|
4
|
||
Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
|
Setelah
melakukan diskusi peserta didik dapat menjelaskan cara reproduksi protista
|
Diskusi
dan Ceramah
|
LCD
Laptop
|
2
|
2
|
||
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
|
Uraian Materi
|
Penjelasan tentang reproduksi
protista
|
Ceramah bervariasi dengan tanya jawab
|
LCD
Laptop
Handout
|
15
|
20
|
35
|
Contoh
|
Reproduksi protista mirip tumbuhan
|
Presentasi
|
Multimedia
pembelajaran
|
5
|
15
|
20
|
|
Latihan
|
Jelaskan cara reproduksi protista
mirip hewan!
|
Tanya jawab, dan presentasi
|
-
|
-
|
10
|
10
|
|
P
E
N
U
T
U
P
|
Tes Formatif dan umpan balik
|
Berupa Quiz dengan pertanyaan
berkaitan dengan cara reproduksi protista
Umpan
balik:
Mengidentifikasi kesulitan siswa dalam
menjawab soal quiz
|
Tanya jawab
|
-
|
2
|
8
|
10
|
Tindak lanjut/ follow Up
|
Setelah selesai Quiz, dilakukan reinforcement dengan memberikan
latihan berupa penjelasan reproduksi protista
|
Ceramah
|
Handout
|
5
|
-
|
5
|
|
37
|
53
|
90
|
TIK No. 2 : Setelah
melakukan pengamatan di laboratorium peserta didik dapat menyebutkan perbedaan protista
mirip hewan, tumbuhan dan jamur.
Uraian Kegiatan Instruksional
|
Metode
|
Media
|
Waktu (Dalam Menit)
|
||||
Guru
|
Siswa
|
Jml
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
Deskripsi Singkat
|
Pentingnya bagi siswa untuk
mengetahui perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
|
Ceramah
|
LCD
Laptop
|
4
|
-
|
4
|
Relevansi
|
Contoh protista mirip tumbuhan
yang pernah ditemuan
|
Ceramah
|
LCD
Laptop
|
4
|
4
|
||
Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
|
Setelah
melakukan pengamatan di laboratorium peserta didik dapat menyebutkan
perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
|
Ceramah
|
LCD
Laptop
|
2
|
2
|
||
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
|
Uraian Materi
|
Perbedaan antara protista mirip
hewan, tumbuhan dan jamur
|
Ceramah bervariasi dengan tanya jawab
|
LCD
Laptop
Handout
|
10
|
25
|
35
|
Contoh
|
Menemukan salah satu jenis
protista mirip hewan
|
Presentasi
|
LCD
Laptop
|
5
|
15
|
20
|
|
Latihan
|
Sebutkan perbedaan antara protista
mirip hewan, tumbuhan dan jamur!
|
Tanya jawab,
|
-
|
-
|
10
|
10
|
|
P
E
N
U
T
U
P
|
Tes Formatif dan umpan balik
|
Pelaksanaan tes berupa tes lisan untuk mengetahui
pemahaman siswa mengenai perbedaan protista
|
Tanya jawab
|
-
|
2
|
8
|
10
|
Tindak lanjut/ follow Up
|
Penjelasan kembali mengenai perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
|
Ceramah
|
Handout
|
5
|
-
|
5
|
|
32
|
58
|
90
|
TIK No. 3 : Setelah melakukan
demonstrasi kelas peserta didik dapat menjelaskan peranan protista bagi
kehidupan.
Uraian Kegiatan Instruksional
|
Metode
|
Media
|
Waktu (Dalam Menit)
|
||||
Guru
|
Siswa
|
Jml
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
Deskripsi Singkat
|
Pentingnya bagi siswa mengetahui peranan
protista bagi kehidupan manusia
|
Ceramah
|
LCD
Laptop
|
4
|
-
|
4
|
Relevansi
|
Penggunaan beberapa jenis protista
sebagai bahan kosmetik
|
Ceramah
|
LCD
Laptop
|
4
|
4
|
||
Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
|
Setelah melakukan
demonstrasi kelas peserta didik dapat menjelaskan peranan protista bagi
kehidupan
|
Demonstrasi
|
LCD
Laptop
|
2
|
2
|
||
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
|
Uraian Materi
|
Peranan protista sangan banyak
seperti sebagai sumber makanan, obat dan bahan kosmetik
|
Ceramah bervariasi dengan tanya jawab
|
LCD
Laptop
Handout
|
10
|
25
|
35
|
Contoh
|
Pemanfaatan
protista sebagai bahan kosmetik
|
Presentasi
|
LCD
Laptop
|
5
|
10
|
15
|
|
Latihan
|
Tuliskan 5 peran protista bagi
kehidupan manusia!
|
Tanya jawab
|
-
|
2
|
10
|
12
|
|
P
E
N
U
T
U
P
|
Tes Formatif dan umpan balik
|
Pelaksanaan tes berupa tes lisan untuk mengetahui pengetahuan siswa tentang peran
protista bagi kehidupan
|
Tanya jawab
|
-
|
2
|
10
|
12
|
Tindak lanjut/ follow Up
|
Penjelasan kembali mengenai peran protista bagi kehidupan
|
Ceramah
|
Handout
|
6
|
-
|
6
|
|
35
|
55
|
90
|
6. Pengembangan
Materi Instruksional
Reproduksi
Pada Protista
Reproduksi Protozoa
(Amoeba)
Amoeba dapat berkembang biak dengan pembelahan biner
tanpa melalui tahap-tahap mitosis. Pembelahan dimulai dari membelahnya inti sel
menjadi dua, lalu diikuti oleh pembelahan sitoplasma. Pembelahan inti tersebut
menimbulkan lekukan yang sangat dalam yang lama-lama akan putus sehingga
terjadilah dua sel anak Amoeba. Kedua sel anak ini akan mengalami pembelahan
biner sehingga menjadi empat sel, delapan sel, enam belas sel, dan seterusnya.
Reproduksi alga
1. Secara vegetatif
terjadi melalui :
a. Pembelahan
biner, terjadi pada alga uniseluler dimana alga membelah menjadi dua sel.
b. Zoospora/spora
kembar, patogen di protoplasma yang dibungkus oleh dinding sel dilengkapi bulu
cambuk.
c. Fragmentasi
terjadi pada alga yang berkoloni, berbentuk benang, dan lembaran dengan memutus
bagian tubuh menjadi beberapa bagian
2. Secara
generatif terjadi melalui :
a.
Isogami/konyugasi, yaitu meleburnya sel kelamin jantan
dan sel kelamin betina yang belum
mempunyai bentuk dan ukuran yang sama.
b.
Oogami yaitu pertemuan antara organisme
jantan(spermatozoid) dengan organisme
betina (ovum) yang membentuk zigot.
c.
Anisogami yaitu pertemuan sel kelamin jantan ( ukuran
lebih kecil)dengan sel kelamin betina (ukuran lebih besar )
Protista
mirip hewan, jamur dan tumbuhan
Protista merupakan
organisme eukariota uniselular yang hidup soliter
atau berkoloni. Protista dapat digolongkan menjadi protista mirip hewan
(Protozoa), protista mirip tumbuhan (Algae) dan protista mirip jamur (jamur
lendir/Slime Mold).
Bentuk tubuh organisme golongan protista amatlah beragam.
Protista dibedakan menjadi protista mirip hewan (
Protozoa), mirip tumbuhan (Alga) , dan mirip jamur.
a.
Ciri-ciri umum
Protista mirip jamur
(jamur lendirl Slime Mold) selnya
memiliki inti lebih dari satu, bersifat amuboid (Myxomicotina) atau berflagel (Oomycotina)
heterotrof,menghasilkan spora, parasit atau pengurai.
b.
Ciri-ciri umum
Protista mirip tumbuhan (Alga) .
Alga merupakan organisme uniselular kecuali Alga coklat
dan merah, fotosintetik , ada yang mikroskopis dan makroskopis, hidup di air
tawar atau air laut, Pigmen lain yang dimiliki alga selain klorofil adalah
karotenoid fikosantin,fikoeritrin,
c.
Ciri-ciri umum
Protista mirip hewan
(Protozoa) organisme uniselular , soliter atau berkoloni, mikroskopis, heterotrof, hidup
bebas atau parasit , alat gerak berupa pseudopodia, silia atau flagella.
Peran
protista bagi kehidupan manusia
1. Zooplankton
di ekosistem perairan sebagian besar adalah protista berklorofil yang berguna
sebagai makanan ikan dan arthropoda air.
2. Entamoeba
coli di dalam usus besar mamalia ikut berperan dalam proses pembusukan sisa
makanan.
3. Foraminifera
mempunyai kerangka luar dari zat kapur dan fosilnya dalam jumlah tertentu dapat
membentuk endapan tanah globigerina yang dapat digunakan sebagai petunjuk
adanya minyak bumi.
4. Radiolaria
mempunyai kerangka dari zat kersik. Radiolaria yang mati akan meninggalkan
cangkangnya dan membentuk tanah radiolaria yang dapat digunakan sebagai bahan
penggosok.
5. Paramaecium
dapat juga digunakan sebagai organisme indikator terjadinya pencemaran air oleh
zat organik.
6. Chlorella
selain berperan sebagai produsen di ekosistem perairan, juga dapat digunakan
sebagai bahan dasar pembuatan protein sel tunggal (PST).
7. Chlorella
(contoh alga hijau), digunakan untuk suplemen makanan, obat-obatan, dan bahan
kosmetik.
8. Porphyra
(alga merah), digunakan sebagai suplemen makanan.
9. Rhodymenia
palmata (alga merah), digunakan sebagai sumber makanan.
10. Macrocrystas
pyrifera, menghasilkan iodin yaitu unsur yang dapat mencegah penyakit gondok.
RPP Sebelum dilakukan Evaluasi Formatif
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1
Nama Sekolah : SMA Islam Az-Zahra Palembang
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X / gasal
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk
hidup
Kompetensi Dasar : 2.3 Menyajikan ciri-ciri
umum kingdom Protista, dan perannya bagi kehidupan.
Indikator : Menjelaskan cara reproduksi Protista
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (1 Kali Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
A. Setelah
melakukan diskusi peserta didik dapat menjelaskan cara reproduksi protista
B. Materi Pembelajaran
Reproduksi Pada Protista
Reproduksi Protozoa (Amoeba)
Amoeba
dapat berkembang biak dengan pembelahan biner tanpa melalui tahap-tahap
mitosis. Pembelahan dimulai dari membelahnya inti sel menjadi dua, lalu diikuti
oleh pembelahan sitoplasma. Pembelahan inti tersebut menimbulkan lekukan yang
sangat dalam yang lama-lama akan putus sehingga terjadilah dua sel anak Amoeba.
Kedua sel anak ini akan mengalami pembelahan biner sehingga menjadi empat sel,
delapan sel, enam belas sel, dan seterusnya.
Reproduksi alga
1. Secara vegetatif terjadi melalui :
a.
Pembelahan biner, terjadi pada alga
uniseluler dimana alga membelah menjadi
dua sel.
b.
Zoospora/spora kembar, patogen di
protoplasma yang dibungkus oleh dinding sel dilengkapi bulu cambuk.
c.
Fragmentasi terjadi pada alga yang
berkoloni, berbentuk benang, dan lembaran dengan memutus bagian tubuh menjadi
beberapa bagian
2. Secara
generatif terjadi melalui :
a.
Isogami/konyugasi, yaitu meleburnya sel
kelamin jantan dan sel kelamin betina
yang belum mempunyai bentuk dan ukuran yang sama.
b.
Oogami yaitu pertemuan antara organisme
jantan(spermatozoid) dengan organisme
betina (ovum) yang membentuk zigot.
c.
Anisogami yaitu pertemuan sel kelamin
jantan ( ukuran lebih kecil)dengan sel kelamin betina (ukuran lebih besar )
C. Metode Pembelajaran
ü Metode : Diskusi, Tanya jawab
ü Model : Student facilitator and explaining
D. Langkah-langkah Pembelajaran
v Kegiatan Pendahuluan
ü Apersepsi
: guru mengulas materi tentang amoeba yang sudah didapat peserta didik pada
tingkat pendidikan sebelumnya
ü Motivasi
: guru mengajukan pertanyaan tentang bagaimana reproduksi amoeba yang sudah
mereka ketahui?
ü Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
v Kegiatan Inti
- Peserta
didik diminta memperhatikan
video dan gambar tentang amoeba dan penjelasan tentang cara reproduksi protista
yang lain
- Peserta
didik diminta untuk mendeskripsikan dan menganalisa video dan gambar protista yang ditayangkan pada LCD.
- Peserta didik melakukan diskusi
bersama teman satu bangku untuk menjelaskan bagaimana roproduksi pada protista
- Guru
memfasilitasi agar pemahaman Peserta didik tentang materi yang tengah dibahas
menjadi lebih baik.
- Peserta
didik diberi kesempatan untuk
bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui berkaitan dengan reproduksi protista.
- Guru
memberikan sesi tanya
jawab berkaitan dengan materi yang tengah dibahas.
v Kegiatan Penutup
Guru memberi tugas kepada siswa tentang reproduksi
protista
E. Media Pembelajaran.
- Leptop dan LCD
F. Sumber Belajar
1. Buku paket biologi kelas X Semester 1
Istamar Syamsuri penerbit Erlangga, jakarta
2. LKS Tuntas
G. Penilaian
Tekhnik : Test Tertulis
Bentuk
instrument : Essay
Soal/istrumen :
instrumen
Jawablah pertanyaan di bawah ini
dengan tepat dan jelas!
1. Tuliskan bagaimanakah cara reproduksi
alga .... (Skor 25)
2. Dalam kingdom protista, terdapat 3
pengelompokkan protista, jelaskan cara reproduksi dari masing-masing protista
tersebut! .... (Skor 25)
3. Tulsikan 3 jenis protizoa yang dapat
melakukan reproduksi secara pembelahan biner!..... (Skor 25)
4. Jelaskan bagaimana cara reproduksi
pada amoeba!.. (Skor 25)
∑ Skor Maksimal = 100
Nilai =
Mengetahui Palembang,
2013
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Adel Farial, M. Pd Farid
Yuliyadi, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2
Nama Sekolah : SMA Islam Az-Zahra Palembang
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X / gasal
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk
hidup
Kompetensi Dasar : 2.3 Menyajikan ciri-ciri
umum kingdom Protista, dan perannya bagi kehidupan.
Indikator : Menyebutkan perbedaan protista mirip
hewan, tumbuhan dan jamur
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (1 Kali Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah melakukan pengamatan di
laboratorium peserta didik dapat menyebutkan perbedaan protista mirip hewan,
tumbuhan dan jamur.
B. Materi Pembelajaran
Protista mirip hewan, jamur dan tumbuhan
Protista dibedakan
menjadi protista mirip hewan ( Protozoa), mirip tumbuhan (Alga) , dan mirip
jamur.
a. Ciri-ciri umum
Protista mirip jamur
(jamur
lendirl Slime Mold) selnya memiliki
inti lebih dari satu, bersifat amuboid (Myxomicotina) atau berflagel (Oomycotina)
heterotrof,menghasilkan spora, parasit atau pengurai.
b.
Ciri-ciri umum Protista mirip tumbuhan (Alga) .
Alga
merupakan organisme uniselular kecuali Alga coklat dan merah, fotosintetik ,
ada yang mikroskopis dan makroskopis, hidup di air tawar atau air laut, Pigmen
lain yang dimiliki alga selain klorofil adalah karotenoid
fikosantin,fikoeritrin,
c. Ciri-ciri umum
Protista mirip hewan
(Protozoa)
organisme uniselular , soliter atau
berkoloni, mikroskopis, heterotrof, hidup bebas atau parasit , alat
gerak berupa pseudopodia, silia atau flagella.
C. Metode Pembelajaran
ü Metode : Praktikum
ü Model : Problem Based Learning
D. Langkah-langkah Pembelajaran
v Kegiatan Pendahuluan
ü Apersepsi
: guru mengulas materi tentang reproduksi pada protista secara umum
ü Motivasi
: guru mengajukan pertanyaan tentang apa perbedaan reproduksi antara amoeba dan
protozoa?
ü Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
v Kegiatan Inti
- Peserta
didik diminta mempersiapkan
alat dan bahan untuk melakukan pengamatan di bawah mikroskop
- Peserta
didik diminta untuk mengamati
protista mirip hewan, jamur dan tumbuhan dibawah mikroskop.
- Peserta didik menggambar dan mencatat
apa saja yang mereka dapatkan pada pengamatan.
- Peserta didik menggali informasi dari
literatur untuk menunjang penemuannya di bawah mikroskop tentang perbedaan
ketiga jenis protista.
- peserta didik bersama denga guru
menyimpulkan hasil pembelajaran tentang perbedaan antara protista mirip hewan,
jamur dan tumbuhan.
v Kegiatan Penutup
- Peserta didik diminta mengerjakan
soal berkaitan dengan materi yang telah dilakukan.
- Guru memberi tugas kepada siswa tentang materi
yang telah disampaikan.
E. Media Pembelajaran.
- Leptop dan LCD
- Peralatan Laboratorium
F. Sumber Belajar
1.
Buku paket biologi kelas X Semester 1
Istamar Syamsuri penerbit Erlangga, jakarta
2.
LKS Tuntas
3.
Internet
G. Penilaian
Tekhnik : Test Tertulis
Bentuk
instrument : Essay
Soal/istrumen :
instrumen
Jawablah pertanyaan di bawah ini
dengan tepat dan jelas!
1.
Jelaskan mengapa alga disebut sebagai
protista mirip tumbuhan? (Skor 25)
2.
Tuliskan 3 perbedaan antara protista
mirip hewan dan protista mirip tumbuhan?(Skor 25)
3.
Tulsikan 3 perbedaan antara protista
mirip jamur dan protista mirip hewan! (Skor 25)
4.
Hal apakah yang mendasari pengelompokkan
protista menjadi 3 kelompok besar tersebut? (Skor 25)
∑ Skor Maksimal = 100
Nilai =
Mengetahui Palembang, 2013
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Adel Farial, M. Pd Farid
Yuliyadi, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3
Nama Sekolah : SMA Islam Az-Zahra Palembang
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X / gasal
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk
hidup
Kompetensi Dasar : 2.3 Menyajikan ciri-ciri
umum kingdom Protista, dan perannya bagi kehidupan.
Indikator : Menjelaskan peranan protista
bagi kehidupan
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (1 Kali Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah melakukan demonstrasi kelas
peserta didik dapat menjelaskan peranan protista bagi kehidupan.
B. Materi Pembelajaran
Peran protista bagi kehidupan manusia
1.
Zooplankton di ekosistem perairan
sebagian besar adalah protista berklorofil yang berguna sebagai makanan ikan
dan arthropoda air.
2.
Entamoeba coli di dalam usus besar
mamalia ikut berperan dalam proses pembusukan sisa makanan.
3.
Foraminifera mempunyai kerangka luar
dari zat kapur dan fosilnya dalam jumlah tertentu dapat membentuk endapan tanah
globigerina yang dapat digunakan sebagai petunjuk adanya minyak bumi.
4.
Radiolaria mempunyai kerangka dari zat
kersik. Radiolaria yang mati akan meninggalkan cangkangnya dan membentuk tanah
radiolaria yang dapat digunakan sebagai bahan penggosok.
5.
Paramaecium dapat juga digunakan sebagai
organisme indikator terjadinya pencemaran air oleh zat organik.
6.
Chlorella selain berperan sebagai
produsen di ekosistem perairan, juga dapat digunakan sebagai bahan dasar
pembuatan protein sel tunggal (PST).
C. Metode Pembelajaran
ü Metode : ceramah dan presentasi
ü Model : Demonstration
D. Langkah-langkah Pembelajaran
v Kegiatan Pendahuluan
ü Apersepsi
: guru mengulas materi tentang perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan
jamur
ü Motivasi
: guru mengajukan pertanyaan tentang jenis protista yang diketahui berkaitan
dengan peranannya bagi manusia?
ü Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
v Kegiatan Inti
- Peserta
didik dibagi menajdi
beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri dari 4 orang.
- Peserta
didik tiap kelompok
membahas tentang peranan protista dari literatur baik buku maupun internet
- Peserta didik mendiskusikan dan
mencari dari literatur untuk dipresentasikan di depan kelas.
- Peserta didik melakukan presentasi di
pepan kelas apa yang telah mereka dapatkan dalam kelompok
- kelompok lain menyimak dan mengajukan
pertanyaan bagi kelompok yang presentasi.
- Peserta didik bersama denga guru
menyimpulkan hasil pembelajaran tentang peran protista bagi kehidupan manusia.
v Kegiatan Penutup
- Peserta didik diminta mengerjakan
soal berkaitan dengan materi yang telah dilakukan.
- Guru memberi tugas kepada siswa tentang peran
protista bagi kehidupan.
E. Media Pembelajaran.
- Leptop dan LCD
F. Sumber Belajar
1.
Buku paket biologi kelas X Semester 1
Istamar Syamsuri penerbit Erlangga, jakarta
2.
LKS Tuntas
3.
Internet
G. Penilaian
Tekhnik : Test Tertulis
Bentuk
instrument : Essay
Soal/istrumen :
instrumen
Jawablah pertanyaan di bawah ini
dengan tepat dan jelas!
1.
Tuliskan 5 jenis protista yang
menguntungkan bagi manusia? (Skor 25)
2.
apakah manfaat zooplangton bagi
kehidupan di air?(Skor 25)
3.
Apakah fungsi Entamoeba coli dalan usus
manusia! (Skor 25)
4.
Apakah fungsi dari paramaecium dalam
penentuan kualitas air? (Skor 25)
∑ Skor Maksimal = 100
Nilai =
Mengetahui Palembang, 2013
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Adel Farial, M. Pd Farid
Yuliyadi, S.Pd
RPP Sesudah Dilakukan Evaluasi Formatif
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1
Nama Sekolah : SMA Islam Az-Zahra Palembang
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X / gasal
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk
hidup
Kompetensi Dasar : 2.3 Menyajikan ciri-ciri
umum kingdom Protista, dan perannya bagi kehidupan.
Indikator : Menjelaskan cara reproduksi Protista
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (1 Kali Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
A. Setelah
melakukan diskusi peserta didik dapat menjelaskan cara reproduksi protista
B. Materi Pembelajaran
Reproduksi Pada Protista
Reproduksi Protozoa (Amoeba)
Amoeba
dapat berkembang biak dengan pembelahan biner tanpa melalui tahap-tahap
mitosis. Pembelahan dimulai dari membelahnya inti sel menjadi dua, lalu diikuti
oleh pembelahan sitoplasma. Pembelahan inti tersebut menimbulkan lekukan yang
sangat dalam yang lama-lama akan putus sehingga terjadilah dua sel anak Amoeba.
Kedua sel anak ini akan mengalami pembelahan biner sehingga menjadi empat sel,
delapan sel, enam belas sel, dan seterusnya.
Reproduksi alga
1. Secara vegetatif terjadi melalui :
a.
Pembelahan biner, terjadi pada alga
uniseluler dimana alga membelah menjadi
dua sel.
b.
Zoospora/spora kembar, patogen di
protoplasma yang dibungkus oleh dinding sel dilengkapi bulu cambuk.
c.
Fragmentasi terjadi pada alga yang
berkoloni, berbentuk benang, dan lembaran dengan memutus bagian tubuh menjadi
beberapa bagian
2. Secara
generatif terjadi melalui :
a.
Isogami/konyugasi, yaitu meleburnya sel
kelamin jantan dan sel kelamin betina
yang belum mempunyai bentuk dan ukuran yang sama.
b.
Oogami yaitu pertemuan antara organisme
jantan(spermatozoid) dengan organisme
betina (ovum) yang membentuk zigot.
c.
Anisogami yaitu pertemuan sel kelamin
jantan ( ukuran lebih kecil)dengan sel kelamin betina (ukuran lebih besar )
C. Metode Pembelajaran
ü Metode : Diskusi, Tanya jawab
ü Model : Student facilitator and explaining
D. Langkah-langkah Pembelajaran
v Kegiatan Pendahuluan
ü Mengucapkan
salam
ü Membaca do’a dan absensi
ü Apersepsi
: guru mengulas materi tentang amoeba yang sudah didapat peserta didik pada
tingkat pendidikan sebelumnya
ü Motivasi
: guru mengajukan pertanyaan tentang bagaimana reproduksi amoeba yang sudah
mereka ketahui?
ü Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
v Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Peserta
didik diminta memperhatikan
video dan gambar tentang amoeba dan penjelasan tentang cara reproduksi protista
yang lain
- Peserta didik mencatat hal-hal yang
mereka anggap berkaitan dengan reproduksi protista (amoeba).
- Peserta
didik diminta untuk mendeskripsikan dan menganalisa video dan gambar protista yang ditayangkan pada LCD.
Elaborasi
- Peserta didik melakukan diskusi
bersama teman satu bangku untuk menjelaskan bagaimana roproduksi pada protista
- Guru
memfasilitasi agar pemahaman Peserta didik tentang materi yang tengah dibahas
menjadi lebih baik.
- Peserta
didik diberi kesempatan untuk
bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui berkaitan dengan reproduksi protista.
- Guru
meluruskan kesalahpahaman konsep yang terjadi.
Konfirmasi
- Guru
memberikan sesi tanya
jawab berkaitan dengan materi yang tengah dibahas.
v Kegiatan Penutup
Guru memberi tugas kepada siswa tentang reproduksi
protista
E. Media Pembelajaran.
- Leptop dan LCD
F. Sumber Belajar
1. Buku paket biologi kelas X Semester 1
Istamar Syamsuri penerbit Erlangga, jakarta
2. LKS Tuntas
3. Internet
G. Penilaian
Tekhnik : Test Tertulis
Bentuk
instrument : Essay
Soal/istrumen :
instrumen
Jawablah pertanyaan di bawah ini
dengan tepat dan jelas!
1. Tuliskan bagaimanakah cara reproduksi
alga .... (Skor 25)
2. Dalam kingdom protista, terdapat 3
pengelompokkan protista, jelaskan cara reproduksi dari masing-masing protista
tersebut! .... (Skor 25)
3. Tulsikan 3 jenis protizoa yang dapat
melakukan reproduksi secara pembelahan biner!..... (Skor 25)
4. Jelaskan bagaimana cara reproduksi
pada amoeba!.. (Skor 25)
∑ Skor Maksimal = 100
Nilai =
Mengetahui Palembang,
2013
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Adel Farial, M. Pd Farid
Yuliyadi, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2
Nama Sekolah : SMA Islam Az-Zahra Palembang
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X / gasal
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk
hidup
Kompetensi Dasar : 2.3 Menyajikan ciri-ciri
umum kingdom Protista, dan perannya bagi kehidupan.
Indikator : Menyebutkan perbedaan protista mirip
hewan, tumbuhan dan jamur
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (1 Kali Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah melakukan pengamatan di
laboratorium peserta didik dapat menyebutkan perbedaan protista mirip hewan,
tumbuhan dan jamur.
B. Materi Pembelajaran
Protista mirip hewan, jamur dan tumbuhan
Protista merupakan organisme eukariota
uniselular yang hidup soliter atau berkoloni. Protista dapat digolongkan
menjadi protista mirip hewan (Protozoa), protista mirip tumbuhan (Algae) dan
protista mirip jamur (jamur lendir/Slime Mold). Bentuk tubuh
organisme golongan protista amatlah beragam.
Protista
dibedakan menjadi protista mirip hewan ( Protozoa), mirip tumbuhan (Alga) , dan
mirip jamur.
a. Ciri-ciri umum
Protista mirip jamur
(jamur
lendirl Slime Mold) selnya memiliki
inti lebih dari satu, bersifat amuboid (Myxomicotina) atau berflagel (Oomycotina)
heterotrof,menghasilkan spora, parasit atau pengurai.
b.
Ciri-ciri umum Protista mirip tumbuhan (Alga) .
Alga
merupakan organisme uniselular kecuali Alga coklat dan merah, fotosintetik ,
ada yang mikroskopis dan makroskopis, hidup di air tawar atau air laut, Pigmen
lain yang dimiliki alga selain klorofil adalah karotenoid
fikosantin,fikoeritrin,
c. Ciri-ciri umum
Protista mirip hewan
(Protozoa)
organisme uniselular , soliter atau
berkoloni, mikroskopis, heterotrof, hidup bebas atau parasit , alat gerak
berupa pseudopodia, silia atau flagella.
C. Metode Pembelajaran
ü Metode : Praktikum
ü Model : Problem Based Learning
D. Langkah-langkah Pembelajaran
v Kegiatan Pendahuluan
ü Mengucapkan
salam
ü Membaca do’a dan absensi
ü Apersepsi
: guru mengulas materi tentang reproduksi pada protista secara umum
ü Motivasi
: guru mengajukan pertanyaan tentang apa perbedaan reproduksi antara amoeba dan
protozoa?
ü Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
v Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Peserta
didik diminta mempersiapkan
alat dan bahan untuk melakukan pengamatan di bawah mikroskop
- Peserta
didik diminta untuk mengamati
protista mirip hewan, jamur dan tumbuhan dibawah mikroskop.
Elaborasi
- Peserta didik menggambar dan mencatat
apa saja yang mereka dapatkan pada pengamatan.
- Peserta didik menggali informasi dari
literatur untuk menunjang penemuannya di bawah mikroskop tentang perbedaan
ketiga jenis protista.
- Peserta
didik diberi kesempatan untuk
bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui berkaitan dengan reproduksi protista.
Konfirmasi
- peserta didik bersama denga guru
menyimpulkan hasil pembelajaran tentang perbedaan antara protista mirip hewan,
jamur dan tumbuhan.
v Kegiatan Penutup
- Peserta didik diminta mengerjakan
soal berkaitan dengan materi yang telah dilakukan.
- Guru memberi tugas kepada siswa tentang materi
yang telah disampaikan.
E. Media Pembelajaran.
- Leptop dan LCD
- Peralatan Laboratorium
F. Sumber Belajar
1.
Buku paket biologi kelas X Semester 1
Istamar Syamsuri penerbit Erlangga, jakarta
2.
LKS Tuntas
3.
Internet
G. Penilaian
Tekhnik : Test Tertulis
Bentuk
instrument : Essay
Soal/istrumen :
instrumen
Jawablah pertanyaan di bawah ini
dengan tepat dan jelas!
1.
Jelaskan mengapa alga disebut sebagai
protista mirip tumbuhan? (Skor 25)
2.
Tuliskan 3 perbedaan antara protista
mirip hewan dan protista mirip tumbuhan?(Skor 25)
3.
Tulsikan 3 perbedaan antara protista
mirip jamur dan protista mirip hewan! (Skor 25)
4.
Hal apakah yang mendasari pengelompokkan
protista menjadi 3 kelompok besar tersebut? (Skor 25)
∑ Skor Maksimal = 100
Nilai =
Mengetahui Palembang, 2013
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Adel Farial, M. Pd Farid
Yuliyadi, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3
Nama Sekolah : SMA Islam Az-Zahra Palembang
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X / gasal
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk
hidup
Kompetensi Dasar : 2.3 Menyajikan ciri-ciri
umum kingdom Protista, dan perannya bagi kehidupan.
Indikator : Menjelaskan peranan protista
bagi kehidupan
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (1 Kali Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah melakukan demonstrasi kelas
peserta didik dapat menjelaskan peranan protista bagi kehidupan.
B. Materi Pembelajaran
Peran protista bagi kehidupan manusia
1.
Zooplankton di ekosistem perairan
sebagian besar adalah protista berklorofil yang berguna sebagai makanan ikan
dan arthropoda air.
2.
Entamoeba coli di dalam usus besar
mamalia ikut berperan dalam proses pembusukan sisa makanan.
3.
Foraminifera mempunyai kerangka luar
dari zat kapur dan fosilnya dalam jumlah tertentu dapat membentuk endapan tanah
globigerina yang dapat digunakan sebagai petunjuk adanya minyak bumi.
4.
Radiolaria mempunyai kerangka dari zat
kersik. Radiolaria yang mati akan meninggalkan cangkangnya dan membentuk tanah
radiolaria yang dapat digunakan sebagai bahan penggosok.
5.
Paramaecium dapat juga digunakan sebagai
organisme indikator terjadinya pencemaran air oleh zat organik.
6.
Chlorella selain berperan sebagai
produsen di ekosistem perairan, juga dapat digunakan sebagai bahan dasar
pembuatan protein sel tunggal (PST).
7.
Chlorella (contoh alga hijau), digunakan
untuk suplemen makanan, obat-obatan, dan bahan kosmetik.
8.
Porphyra (alga merah), digunakan sebagai
suplemen makanan.
9.
Rhodymenia palmata (alga merah),
digunakan sebagai sumber makanan.
10. Macrocrystas
pyrifera, menghasilkan iodin yaitu unsur yang dapat mencegah penyakit gondok.
C. Metode Pembelajaran
ü Metode : ceramah dan presentasi
ü Model : Demonstration
D. Langkah-langkah Pembelajaran
v Kegiatan Pendahuluan
ü Mengucapkan
salam
ü Membaca do’a dan absensi
ü Apersepsi
: guru mengulas materi tentang perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan
jamur
ü Motivasi
: guru mengajukan pertanyaan tentang jenis protista yang diketahui berkaitan
dengan peranannya bagi manusia?
ü Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
v Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Peserta
didik dibagi menajdi
beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri dari 4 orang.
- Peserta
didik tiap kelompok
membahas tentang peranan protista dari literatur baik buku maupun internet
Elaborasi
- Peserta didik mendiskusikan dan
mencari dari literatur untuk dipresentasikan di depan kelas.
- Peserta didik melakukan presentasi di
pepan kelas apa yang telah mereka dapatkan dalam kelompok
- kelompok lain menyimak dan mengajukan
pertanyaan bagi kelompok yang presentasi.
Konfirmasi
- Peserta didik bersama denga guru
menyimpulkan hasil pembelajaran tentang peran protista bagi kehidupan manusia.
v Kegiatan Penutup
- Peserta didik diminta mengerjakan
soal berkaitan dengan materi yang telah dilakukan.
- Guru memberi tugas kepada siswa tentang peran
protista bagi kehidupan.
E. Media Pembelajaran.
- Leptop dan LCD
F. Sumber Belajar
1.
Buku paket biologi kelas X Semester 1
Istamar Syamsuri penerbit Erlangga, jakarta
2.
LKS Tuntas
3.
Internet
G. Penilaian
Tekhnik : Test Tertulis
Bentuk
instrument : Essay
Soal/istrumen :
instrumen
Jawablah pertanyaan di bawah ini
dengan tepat dan jelas!
1.
Tuliskan 5 jenis protista yang
menguntungkan bagi manusia? (Skor 25)
2.
apakah manfaat zooplangton bagi
kehidupan di air?(Skor 25)
3.
Apakah fungsi Entamoeba coli dalan usus
manusia! (Skor 25)
4.
Apakah fungsi dari paramaecium dalam
penentuan kualitas air? (Skor 25)
∑ Skor Maksimal = 100
Nilai =
Mengetahui Palembang, 2013
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Adel Farial, M. Pd Farid
Yuliyadi, S.Pd
Semoga Bermanfaat... jika ada masukkan tulis komentar yang membangun
alhamdlah... tugas ini sangat menyenangkan dan memicu adrenalin untuk bisa dan maju. memajukan dan membangun pendidikan di Indonesia
ReplyDelete