Thursday 16 May 2013

Analisis Kasus Desain Instruksional


DESAIN INSTRUKSIONAL MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA KELAS X SEMESTER 1 POKOK BAHASAN PROTISTA

Analisis mata pelajaran Biologi Kelas X Semester 1.
Analisis Instruksional
Satuan Pendidikan            :  SMA ISLAM AZ-ZAHRA PALEMBANG
Mata Pelajaran                   :  Biologi
Kelas/Semester                  :  X / 1
Standar Kompetensi          :  Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup
Kompetensi Dasar             :  Menyajikan ciri-ciri umum kingdom Protista, dan perannya bagi kehidupan
Materi Pokok                     : Kingdom Protista
Alokasi Waktu                   :  4 X 45 menit (2 kali pertemuan)
1.    Identifikasi Kebutuhan Instruksional dan Tujuan Instruksional Umum (TIU)
· Menyajikan ciri-ciri umum kingdom Protista, dan perannya bagi kehidupan
Ø Analisis Instruksional
1.    Menyebutkan 5 ciri-ciri Protista
2.    Menjelaskan Klasifikasi Protista
3.    Menjelaskan cara reproduksi Protista
4.    Menyebutkan perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
5.    Menjelaskan peranan protista bagi kehidupan
6.    Menjelaskan dampak negatif protista bagi kehidupan
2.    Identifikasi Perilaku dan Karakteristik Awal
Kompetensi yang belum dimiliki    :
1.    Menjelaskan cara reproduksi Protista
2.    Menyebutkan perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
3.    Menjelaskan peranan protista bagi kehidupan


Kompetensi yang sudah dimiliki :
1.    Menyebutkan 5 ciri-ciri Protista
2.    Menjelaskan klasifikasi protista
3.    Menjelaskan dampak negatif protista bagi kehidupan
Lingkungan :  
1.    Ketersediaan Laboratorium penunjang pengamatan protista.
2.    Ketersediaan perangkat pendukung multimedia pembelajaran seperti LCD Proyektor.
3.    Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
1.    Setelah melakukan diskusi peserta didik dapat menjelaskan cara reproduksi protista
2.    Setelah melakukan pengamatan di laboratorium peserta didik dapat menyebutkan perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
3.    Setelah melakukan demonstrasi kelas peserta didik dapat menjelaskan peranan protista bagi kehidupan
4.    Tes Acuan Patokan
(Penilaian tes acuan patokan)
NO
URAIAN
SKOR
1
Jelaskan cara reproduksi protista mirip hewan!
30
2
Sebutkan perbedaan antara protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur!
40
3
Tuliskan 5 peran protista bagi kehidupan manusia!
30
SKOR
100

 5.    Strategi Instruksional
Mata Pelajaran : Biologi kelas X materi Protista
TIK No. 1 : Setelah melakukan diskusi peserta didik dapat menjelaskan cara reproduksi protista 

Uraian Kegiatan Instruksional
Metode
Media
Waktu (Dalam Menit)
Guru
Siswa
Jml
1
2
3
4
5
6
7
8
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
Deskripsi Singkat
Pentingnya pengetahuan dalam menjelaskan cara reproduksi protista
Ceramah
LCD
Laptop
4
-
4
Relevansi
Kaitan antara reproduksi hewan dengan protista mirip hewan
Ceramah
LCD
Laptop
4

4
Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
Setelah melakukan diskusi peserta didik dapat menjelaskan cara reproduksi protista
Diskusi dan Ceramah
LCD
Laptop
2

2

P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian Materi
Penjelasan tentang reproduksi protista
Ceramah bervariasi dengan tanya jawab
LCD
Laptop
Handout
15
20
35
Contoh
Reproduksi protista mirip tumbuhan
Presentasi
Multimedia pembelajaran
5
15
20
Latihan

Jelaskan cara reproduksi protista mirip hewan! 
Tanya jawab, dan presentasi
-
-
10
10


P
E
N
U
T
U
P
Tes Formatif dan umpan balik
Berupa Quiz dengan pertanyaan berkaitan dengan cara reproduksi protista
Umpan balik:
Mengidentifikasi kesulitan siswa dalam menjawab soal quiz
Tanya jawab
-
2
8
10
Tindak lanjut/ follow Up
Setelah selesai Quiz, dilakukan reinforcement dengan memberikan latihan berupa penjelasan reproduksi protista
Ceramah
Handout
5
-
5

37
53
90

TIK No. 2 :  Setelah melakukan pengamatan di laboratorium peserta didik dapat menyebutkan perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur.

Uraian Kegiatan Instruksional
Metode
Media
Waktu (Dalam Menit)
Guru
Siswa
Jml
1
2
3
4
5
6
7
8
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
Deskripsi Singkat
Pentingnya bagi siswa untuk mengetahui perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
Ceramah
LCD
Laptop
4
-
4
Relevansi
Contoh protista mirip tumbuhan yang pernah ditemuan
Ceramah
LCD
Laptop
4

4
Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
Setelah melakukan pengamatan di laboratorium peserta didik dapat menyebutkan perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
Ceramah
LCD
Laptop
2

2

P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian Materi
Perbedaan antara protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
Ceramah bervariasi dengan tanya jawab
LCD
Laptop
Handout
10
25
35
Contoh
Menemukan salah satu jenis protista mirip hewan
Presentasi
LCD
Laptop
5
15
20
Latihan

Sebutkan perbedaan antara protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur!
Tanya jawab,
-
-
10
10


P
E
N
U
T
U
P
Tes Formatif dan umpan balik
Pelaksanaan tes berupa tes lisan untuk mengetahui pemahaman siswa mengenai perbedaan protista
Tanya jawab
-
2
8
10
Tindak lanjut/ follow Up
Penjelasan kembali mengenai perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
Ceramah
Handout
5
-
5

32
58
90

TIK No. 3 : Setelah melakukan demonstrasi kelas peserta didik dapat menjelaskan peranan protista bagi kehidupan.

Uraian Kegiatan Instruksional
Metode
Media
Waktu (Dalam Menit)
Guru
Siswa
Jml
1
2
3
4
5
6
7
8
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
Deskripsi Singkat
Pentingnya bagi siswa mengetahui peranan protista bagi kehidupan manusia
Ceramah
LCD
Laptop
4
-
4
Relevansi
Penggunaan beberapa jenis protista sebagai bahan kosmetik
Ceramah
LCD
Laptop
4

4
Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
Setelah melakukan demonstrasi kelas peserta didik dapat menjelaskan peranan protista bagi kehidupan
Demonstrasi
LCD
Laptop
2

2

P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian Materi
Peranan protista sangan banyak seperti sebagai sumber makanan, obat dan bahan kosmetik

Ceramah bervariasi dengan tanya jawab
LCD
Laptop
Handout
10
25
35
Contoh
Pemanfaatan protista sebagai bahan kosmetik
Presentasi
LCD
Laptop
5
10
15
Latihan

Tuliskan 5 peran protista bagi kehidupan manusia!

Tanya jawab
-
2
10
12


P
E
N
U
T
U
P
Tes Formatif dan umpan balik
Pelaksanaan tes berupa tes lisan untuk mengetahui pengetahuan siswa tentang peran protista bagi kehidupan
Tanya jawab
-
2
10
12
Tindak lanjut/ follow Up
Penjelasan kembali mengenai peran protista bagi kehidupan
Ceramah
Handout
6
-
6

35
55
90
 
6.    Pengembangan Materi Instruksional
Reproduksi Pada Protista
Reproduksi Protozoa (Amoeba)
Amoeba dapat berkembang biak dengan pembelahan biner tanpa melalui tahap-tahap mitosis. Pembelahan dimulai dari membelahnya inti sel menjadi dua, lalu diikuti oleh pembelahan sitoplasma. Pembelahan inti tersebut menimbulkan lekukan yang sangat dalam yang lama-lama akan putus sehingga terjadilah dua sel anak Amoeba. Kedua sel anak ini akan mengalami pembelahan biner sehingga menjadi empat sel, delapan sel, enam belas sel, dan seterusnya.
Reproduksi alga
 1. Secara vegetatif terjadi melalui :
a.    Pembelahan biner, terjadi pada alga uniseluler dimana alga membelah   menjadi dua sel.
b.    Zoospora/spora kembar, patogen di protoplasma yang dibungkus oleh dinding sel dilengkapi bulu cambuk.
c.    Fragmentasi terjadi pada alga yang berkoloni, berbentuk benang, dan lembaran dengan memutus bagian tubuh menjadi beberapa bagian
2.    Secara generatif terjadi melalui :
a.    Isogami/konyugasi, yaitu meleburnya sel kelamin jantan dan sel kelamin     betina yang belum mempunyai bentuk dan ukuran yang sama.
b.    Oogami yaitu pertemuan antara organisme jantan(spermatozoid) dengan   organisme betina (ovum) yang membentuk zigot.
c.    Anisogami yaitu pertemuan sel kelamin jantan ( ukuran lebih kecil)dengan sel kelamin betina (ukuran lebih besar )
Protista mirip hewan, jamur dan tumbuhan
Protista merupakan organisme eukariota uniselular yang hidup soliter atau berkoloni. Protista dapat digolongkan menjadi protista mirip hewan (Protozoa), protista mirip tumbuhan (Algae) dan protista mirip jamur (jamur lendir/Slime Mold). Bentuk tubuh organisme golongan protista amatlah beragam.
Protista dibedakan menjadi protista mirip hewan ( Protozoa), mirip tumbuhan (Alga) , dan mirip jamur.
a.    Ciri-ciri umum Protista mirip jamur
(jamur lendirl Slime Mold) selnya memiliki inti lebih dari satu, bersifat amuboid (Myxomicotina)  atau berflagel (Oomycotina) heterotrof,menghasilkan spora, parasit atau pengurai.
b.    Ciri-ciri umum Protista mirip tumbuhan (Alga) .
Alga merupakan organisme uniselular kecuali Alga coklat dan merah, fotosintetik , ada yang mikroskopis dan makroskopis, hidup di air tawar atau air laut, Pigmen lain yang dimiliki alga selain klorofil adalah karotenoid fikosantin,fikoeritrin,
c.    Ciri-ciri umum Protista mirip hewan
(Protozoa) organisme uniselular , soliter atau  berkoloni, mikroskopis, heterotrof, hidup bebas atau parasit , alat gerak berupa pseudopodia, silia atau flagella.

Peran protista bagi kehidupan manusia
1.      Zooplankton di ekosistem perairan sebagian besar adalah protista berklorofil yang berguna sebagai makanan ikan dan arthropoda air.
2.      Entamoeba coli di dalam usus besar mamalia ikut berperan dalam proses pembusukan sisa makanan.
3.      Foraminifera mempunyai kerangka luar dari zat kapur dan fosilnya dalam jumlah tertentu dapat membentuk endapan tanah globigerina yang dapat digunakan sebagai petunjuk adanya minyak bumi.
4.      Radiolaria mempunyai kerangka dari zat kersik. Radiolaria yang mati akan meninggalkan cangkangnya dan membentuk tanah radiolaria yang dapat digunakan sebagai bahan penggosok.
5.      Paramaecium dapat juga digunakan sebagai organisme indikator terjadinya pencemaran air oleh zat organik.
6.      Chlorella selain berperan sebagai produsen di ekosistem perairan, juga dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan protein sel tunggal (PST).
7.      Chlorella (contoh alga hijau), digunakan untuk suplemen makanan, obat-obatan, dan bahan kosmetik.
8.      Porphyra (alga merah), digunakan sebagai suplemen makanan.
9.      Rhodymenia palmata (alga merah), digunakan sebagai sumber makanan.
10.  Macrocrystas pyrifera, menghasilkan iodin yaitu unsur yang dapat mencegah penyakit gondok.


RPP Sebelum dilakukan Evaluasi Formatif


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1

Nama Sekolah             : SMA Islam Az-Zahra Palembang
Mata Pelajaran           :  Biologi
Kelas/Semester            :  X / gasal
Standar Kompetensi   : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup
Kompetensi Dasar       :  2.3 Menyajikan ciri-ciri umum kingdom Protista, dan perannya bagi kehidupan.
Indikator                      :  Menjelaskan cara reproduksi Protista
Alokasi Waktu            :  2 x 45 menit (1 Kali Pertemuan)
A.  Tujuan Pembelajaran
A.  Setelah melakukan diskusi peserta didik dapat menjelaskan cara reproduksi protista
B.  Materi Pembelajaran
Reproduksi Pada Protista
Reproduksi Protozoa (Amoeba)
Amoeba dapat berkembang biak dengan pembelahan biner tanpa melalui tahap-tahap mitosis. Pembelahan dimulai dari membelahnya inti sel menjadi dua, lalu diikuti oleh pembelahan sitoplasma. Pembelahan inti tersebut menimbulkan lekukan yang sangat dalam yang lama-lama akan putus sehingga terjadilah dua sel anak Amoeba. Kedua sel anak ini akan mengalami pembelahan biner sehingga menjadi empat sel, delapan sel, enam belas sel, dan seterusnya.
Reproduksi alga
 1. Secara vegetatif terjadi melalui :
a.    Pembelahan biner, terjadi pada alga uniseluler dimana alga membelah   menjadi dua sel.
b.    Zoospora/spora kembar, patogen di protoplasma yang dibungkus oleh dinding sel dilengkapi bulu cambuk.
c.    Fragmentasi terjadi pada alga yang berkoloni, berbentuk benang, dan lembaran dengan memutus bagian tubuh menjadi beberapa bagian
2.    Secara generatif terjadi melalui :
a.    Isogami/konyugasi, yaitu meleburnya sel kelamin jantan dan sel kelamin     betina yang belum mempunyai bentuk dan ukuran yang sama.
b.    Oogami yaitu pertemuan antara organisme jantan(spermatozoid) dengan   organisme betina (ovum) yang membentuk zigot.
c.    Anisogami yaitu pertemuan sel kelamin jantan ( ukuran lebih kecil)dengan sel kelamin betina (ukuran lebih besar )
C.  Metode Pembelajaran
ü  Metode       : Diskusi, Tanya jawab
ü  Model         : Student facilitator and explaining
D.  Langkah-langkah Pembelajaran
v  Kegiatan Pendahuluan
ü Apersepsi : guru mengulas materi tentang amoeba yang sudah didapat peserta didik pada tingkat pendidikan sebelumnya
ü Motivasi : guru mengajukan pertanyaan tentang bagaimana reproduksi amoeba yang sudah mereka ketahui?
ü Menyampaikan tujuan pembelajaran.
v Kegiatan Inti
-  Peserta didik diminta memperhatikan video dan gambar tentang amoeba dan penjelasan tentang cara reproduksi protista yang lain
-  Peserta didik diminta untuk mendeskripsikan dan menganalisa video dan gambar protista yang ditayangkan pada LCD.
-  Peserta didik melakukan diskusi bersama teman satu bangku untuk menjelaskan bagaimana roproduksi pada protista
-  Guru memfasilitasi agar pemahaman Peserta didik tentang materi yang tengah dibahas menjadi lebih baik.
-  Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui berkaitan dengan reproduksi protista.
-  Guru memberikan sesi tanya jawab berkaitan dengan materi yang tengah dibahas.
v Kegiatan Penutup
Guru memberi tugas kepada siswa tentang reproduksi protista
E.  Media Pembelajaran.
-     Leptop dan LCD
F.   Sumber Belajar
1.    Buku paket biologi kelas X Semester 1 Istamar Syamsuri penerbit Erlangga, jakarta
2.    LKS Tuntas
G.  Penilaian
Tekhnik                              : Test Tertulis
Bentuk instrument              : Essay
Soal/istrumen                      :
instrumen
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan jelas!
1.    Tuliskan bagaimanakah cara reproduksi alga .... (Skor 25)
2.    Dalam kingdom protista, terdapat 3 pengelompokkan protista, jelaskan cara reproduksi dari masing-masing protista tersebut! .... (Skor 25)
3.    Tulsikan 3 jenis protizoa yang dapat melakukan reproduksi secara pembelahan biner!..... (Skor 25)
4.    Jelaskan bagaimana cara reproduksi pada amoeba!.. (Skor 25)
∑ Skor Maksimal = 100                                 
Nilai =

Mengetahui                                                                     Palembang, 2013
Kepala Sekolah                                                               Guru Mata Pelajaran


Adel Farial, M. Pd                                                        Farid Yuliyadi, S.Pd


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2

Nama Sekolah             : SMA Islam Az-Zahra Palembang
Mata Pelajaran           :  Biologi
Kelas/Semester            :  X / gasal
Standar Kompetensi   : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup
Kompetensi Dasar       :  2.3 Menyajikan ciri-ciri umum kingdom Protista, dan perannya bagi kehidupan.
Indikator                      :  Menyebutkan perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
Alokasi Waktu            :  2 x 45 menit (1 Kali Pertemuan)
A.  Tujuan Pembelajaran
1.    Setelah melakukan pengamatan di laboratorium peserta didik dapat menyebutkan perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur.
B.  Materi Pembelajaran
Protista mirip hewan, jamur dan tumbuhan
Protista dibedakan menjadi protista mirip hewan ( Protozoa), mirip tumbuhan (Alga) , dan mirip jamur.
a.    Ciri-ciri umum Protista mirip jamur
(jamur lendirl Slime Mold) selnya memiliki inti lebih dari satu, bersifat amuboid (Myxomicotina)  atau berflagel (Oomycotina) heterotrof,menghasilkan spora, parasit atau pengurai.
b.    Ciri-ciri umum Protista mirip tumbuhan (Alga) .
Alga merupakan organisme uniselular kecuali Alga coklat dan merah, fotosintetik , ada yang mikroskopis dan makroskopis, hidup di air tawar atau air laut, Pigmen lain yang dimiliki alga selain klorofil adalah karotenoid fikosantin,fikoeritrin,
c.    Ciri-ciri umum Protista mirip hewan
(Protozoa) organisme uniselular , soliter atau  berkoloni, mikroskopis, heterotrof, hidup bebas atau parasit , alat gerak berupa pseudopodia, silia atau flagella.
C.  Metode Pembelajaran
ü  Metode       : Praktikum
ü  Model         : Problem Based Learning
D.  Langkah-langkah Pembelajaran
v  Kegiatan Pendahuluan
ü Apersepsi : guru mengulas materi tentang reproduksi pada protista secara umum
ü Motivasi : guru mengajukan pertanyaan tentang apa perbedaan reproduksi antara amoeba dan protozoa?
ü Menyampaikan tujuan pembelajaran.
v Kegiatan Inti
-  Peserta didik diminta mempersiapkan alat dan bahan untuk melakukan pengamatan di bawah mikroskop
-  Peserta didik diminta untuk mengamati protista mirip hewan, jamur dan tumbuhan dibawah mikroskop.
-  Peserta didik menggambar dan mencatat apa saja yang mereka dapatkan pada pengamatan.
-  Peserta didik menggali informasi dari literatur untuk menunjang penemuannya di bawah mikroskop tentang perbedaan ketiga jenis protista.
-  peserta didik bersama denga guru menyimpulkan hasil pembelajaran tentang perbedaan antara protista mirip hewan, jamur dan tumbuhan.
v Kegiatan Penutup
-  Peserta didik diminta mengerjakan soal berkaitan dengan materi yang telah dilakukan.
-  Guru memberi tugas kepada siswa tentang materi yang telah disampaikan.
E.  Media Pembelajaran.
-     Leptop dan LCD
-     Peralatan Laboratorium

F.   Sumber Belajar
1.    Buku paket biologi kelas X Semester 1 Istamar Syamsuri penerbit Erlangga, jakarta
2.    LKS Tuntas
3.    Internet
G.  Penilaian
Tekhnik                              : Test Tertulis
Bentuk instrument              : Essay
Soal/istrumen                      :
instrumen
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan jelas!
1.    Jelaskan mengapa alga disebut sebagai protista mirip tumbuhan? (Skor 25)
2.    Tuliskan 3 perbedaan antara protista mirip hewan dan protista mirip tumbuhan?(Skor 25)
3.    Tulsikan 3 perbedaan antara protista mirip jamur dan protista mirip hewan! (Skor 25)
4.    Hal apakah yang mendasari pengelompokkan protista menjadi 3 kelompok besar tersebut? (Skor 25)

∑ Skor Maksimal = 100                                 
Nilai =



Mengetahui                                                                     Palembang,  2013
Kepala Sekolah                                                               Guru Mata Pelajaran



Adel Farial, M. Pd                                                        Farid Yuliyadi, S.Pd


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3

Nama Sekolah             : SMA Islam Az-Zahra Palembang
Mata Pelajaran           :  Biologi
Kelas/Semester            :  X / gasal
Standar Kompetensi   : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup
Kompetensi Dasar       :  2.3 Menyajikan ciri-ciri umum kingdom Protista, dan perannya bagi kehidupan.
Indikator                      :  Menjelaskan peranan protista bagi kehidupan
Alokasi Waktu            :  2 x 45 menit (1 Kali Pertemuan)
A.  Tujuan Pembelajaran
1.    Setelah melakukan demonstrasi kelas peserta didik dapat menjelaskan peranan protista bagi kehidupan.
B.  Materi Pembelajaran
Peran protista bagi kehidupan manusia
1.      Zooplankton di ekosistem perairan sebagian besar adalah protista berklorofil yang berguna sebagai makanan ikan dan arthropoda air.
2.      Entamoeba coli di dalam usus besar mamalia ikut berperan dalam proses pembusukan sisa makanan.
3.      Foraminifera mempunyai kerangka luar dari zat kapur dan fosilnya dalam jumlah tertentu dapat membentuk endapan tanah globigerina yang dapat digunakan sebagai petunjuk adanya minyak bumi.
4.      Radiolaria mempunyai kerangka dari zat kersik. Radiolaria yang mati akan meninggalkan cangkangnya dan membentuk tanah radiolaria yang dapat digunakan sebagai bahan penggosok.
5.      Paramaecium dapat juga digunakan sebagai organisme indikator terjadinya pencemaran air oleh zat organik.
6.      Chlorella selain berperan sebagai produsen di ekosistem perairan, juga dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan protein sel tunggal (PST).

C.  Metode Pembelajaran
ü  Metode       : ceramah dan presentasi
ü  Model         : Demonstration
D.  Langkah-langkah Pembelajaran
v  Kegiatan Pendahuluan
ü Apersepsi : guru mengulas materi tentang perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
ü Motivasi : guru mengajukan pertanyaan tentang jenis protista yang diketahui berkaitan dengan peranannya bagi manusia?
ü Menyampaikan tujuan pembelajaran.
v Kegiatan Inti
-  Peserta didik dibagi menajdi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri dari 4 orang.
-  Peserta didik tiap kelompok membahas tentang peranan protista dari literatur baik buku maupun internet
-  Peserta didik mendiskusikan dan mencari dari literatur untuk dipresentasikan di depan kelas.
-  Peserta didik melakukan presentasi di pepan kelas apa yang telah mereka dapatkan dalam kelompok
-  kelompok lain menyimak dan mengajukan pertanyaan bagi kelompok yang presentasi.
-  Peserta didik bersama denga guru menyimpulkan hasil pembelajaran tentang peran protista bagi kehidupan manusia.
v Kegiatan Penutup
-  Peserta didik diminta mengerjakan soal berkaitan dengan materi yang telah dilakukan.
-  Guru memberi tugas kepada siswa tentang peran protista bagi kehidupan.
E.  Media Pembelajaran.
-     Leptop dan LCD


F.   Sumber Belajar
1.    Buku paket biologi kelas X Semester 1 Istamar Syamsuri penerbit Erlangga, jakarta
2.    LKS Tuntas
3.    Internet
G.  Penilaian
Tekhnik                              : Test Tertulis
Bentuk instrument              : Essay
Soal/istrumen                      :
instrumen
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan jelas!
1.      Tuliskan 5 jenis protista yang menguntungkan bagi manusia? (Skor 25)
2.      apakah manfaat zooplangton bagi kehidupan di air?(Skor 25)
3.      Apakah fungsi Entamoeba coli dalan usus manusia! (Skor 25)
4.      Apakah fungsi dari paramaecium dalam penentuan kualitas air? (Skor 25)
∑ Skor Maksimal = 100                                 
Nilai =
Mengetahui                                                                     Palembang,  2013
Kepala Sekolah                                                               Guru Mata Pelajaran


Adel Farial, M. Pd                                                        Farid Yuliyadi, S.Pd



 RPP Sesudah Dilakukan Evaluasi Formatif


 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1

Nama Sekolah             : SMA Islam Az-Zahra Palembang
Mata Pelajaran           :  Biologi
Kelas/Semester            :  X / gasal
Standar Kompetensi   : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup
Kompetensi Dasar       :  2.3 Menyajikan ciri-ciri umum kingdom Protista, dan perannya bagi kehidupan.
Indikator                      :  Menjelaskan cara reproduksi Protista
Alokasi Waktu            :  2 x 45 menit (1 Kali Pertemuan)
A.  Tujuan Pembelajaran
A.  Setelah melakukan diskusi peserta didik dapat menjelaskan cara reproduksi protista
B.  Materi Pembelajaran
Reproduksi Pada Protista
Reproduksi Protozoa (Amoeba)
Amoeba dapat berkembang biak dengan pembelahan biner tanpa melalui tahap-tahap mitosis. Pembelahan dimulai dari membelahnya inti sel menjadi dua, lalu diikuti oleh pembelahan sitoplasma. Pembelahan inti tersebut menimbulkan lekukan yang sangat dalam yang lama-lama akan putus sehingga terjadilah dua sel anak Amoeba. Kedua sel anak ini akan mengalami pembelahan biner sehingga menjadi empat sel, delapan sel, enam belas sel, dan seterusnya.
Reproduksi alga
 1. Secara vegetatif terjadi melalui :
a.    Pembelahan biner, terjadi pada alga uniseluler dimana alga membelah   menjadi dua sel.
b.    Zoospora/spora kembar, patogen di protoplasma yang dibungkus oleh dinding sel dilengkapi bulu cambuk.
c.    Fragmentasi terjadi pada alga yang berkoloni, berbentuk benang, dan lembaran dengan memutus bagian tubuh menjadi beberapa bagian
2.    Secara generatif terjadi melalui :
a.    Isogami/konyugasi, yaitu meleburnya sel kelamin jantan dan sel kelamin     betina yang belum mempunyai bentuk dan ukuran yang sama.
b.    Oogami yaitu pertemuan antara organisme jantan(spermatozoid) dengan   organisme betina (ovum) yang membentuk zigot.
c.    Anisogami yaitu pertemuan sel kelamin jantan ( ukuran lebih kecil)dengan sel kelamin betina (ukuran lebih besar )
C.  Metode Pembelajaran
ü  Metode       : Diskusi, Tanya jawab
ü  Model         : Student facilitator and explaining
D.  Langkah-langkah Pembelajaran
v  Kegiatan Pendahuluan
ü Mengucapkan salam
ü Membaca  do’a dan absensi
ü Apersepsi : guru mengulas materi tentang amoeba yang sudah didapat peserta didik pada tingkat pendidikan sebelumnya
ü Motivasi : guru mengajukan pertanyaan tentang bagaimana reproduksi amoeba yang sudah mereka ketahui?
ü Menyampaikan tujuan pembelajaran.
v Kegiatan Inti
Eksplorasi
-  Peserta didik diminta memperhatikan video dan gambar tentang amoeba dan penjelasan tentang cara reproduksi protista yang lain
-  Peserta didik mencatat hal-hal yang mereka anggap berkaitan dengan reproduksi protista (amoeba).
-  Peserta didik diminta untuk mendeskripsikan dan menganalisa video dan gambar protista yang ditayangkan pada LCD.
Elaborasi
-  Peserta didik melakukan diskusi bersama teman satu bangku untuk menjelaskan bagaimana roproduksi pada protista
-  Guru memfasilitasi agar pemahaman Peserta didik tentang materi yang tengah dibahas menjadi lebih baik.
-  Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui berkaitan dengan reproduksi protista.
-  Guru meluruskan kesalahpahaman konsep yang terjadi.
Konfirmasi
-  Guru memberikan sesi tanya jawab berkaitan dengan materi yang tengah dibahas.
v Kegiatan Penutup
Guru memberi tugas kepada siswa tentang reproduksi protista
E.  Media Pembelajaran.
-     Leptop dan LCD
F.   Sumber Belajar
1.    Buku paket biologi kelas X Semester 1 Istamar Syamsuri penerbit Erlangga, jakarta
2.    LKS Tuntas
3.    Internet
G.  Penilaian
Tekhnik                              : Test Tertulis
Bentuk instrument              : Essay
Soal/istrumen                      :
instrumen
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan jelas!
1.    Tuliskan bagaimanakah cara reproduksi alga .... (Skor 25)
2.    Dalam kingdom protista, terdapat 3 pengelompokkan protista, jelaskan cara reproduksi dari masing-masing protista tersebut! .... (Skor 25)
3.    Tulsikan 3 jenis protizoa yang dapat melakukan reproduksi secara pembelahan biner!..... (Skor 25)
4.    Jelaskan bagaimana cara reproduksi pada amoeba!.. (Skor 25)


∑ Skor Maksimal = 100                                 
Nilai =



Mengetahui                                                                     Palembang, 2013
Kepala Sekolah                                                               Guru Mata Pelajaran



Adel Farial, M. Pd                                                        Farid Yuliyadi, S.Pd



 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2

Nama Sekolah             : SMA Islam Az-Zahra Palembang
Mata Pelajaran           :  Biologi
Kelas/Semester            :  X / gasal
Standar Kompetensi   : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup
Kompetensi Dasar       :  2.3 Menyajikan ciri-ciri umum kingdom Protista, dan perannya bagi kehidupan.
Indikator                      :  Menyebutkan perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
Alokasi Waktu            :  2 x 45 menit (1 Kali Pertemuan)
A.  Tujuan Pembelajaran
1.    Setelah melakukan pengamatan di laboratorium peserta didik dapat menyebutkan perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur.
B.  Materi Pembelajaran
Protista mirip hewan, jamur dan tumbuhan
Protista merupakan organisme eukariota uniselular yang hidup soliter atau berkoloni. Protista dapat digolongkan menjadi protista mirip hewan (Protozoa), protista mirip tumbuhan (Algae) dan protista mirip jamur (jamur lendir/Slime Mold). Bentuk tubuh organisme golongan protista amatlah beragam.
Protista dibedakan menjadi protista mirip hewan ( Protozoa), mirip tumbuhan (Alga) , dan mirip jamur.
a.    Ciri-ciri umum Protista mirip jamur
(jamur lendirl Slime Mold) selnya memiliki inti lebih dari satu, bersifat amuboid (Myxomicotina)  atau berflagel (Oomycotina) heterotrof,menghasilkan spora, parasit atau pengurai.
b.    Ciri-ciri umum Protista mirip tumbuhan (Alga) .
Alga merupakan organisme uniselular kecuali Alga coklat dan merah, fotosintetik , ada yang mikroskopis dan makroskopis, hidup di air tawar atau air laut, Pigmen lain yang dimiliki alga selain klorofil adalah karotenoid fikosantin,fikoeritrin,
c.    Ciri-ciri umum Protista mirip hewan
(Protozoa) organisme uniselular , soliter atau  berkoloni, mikroskopis, heterotrof, hidup bebas atau parasit , alat gerak berupa pseudopodia, silia atau flagella.
C.  Metode Pembelajaran
ü  Metode       : Praktikum
ü  Model         : Problem Based Learning
D.  Langkah-langkah Pembelajaran
v  Kegiatan Pendahuluan
ü Mengucapkan salam
ü Membaca  do’a dan absensi
ü Apersepsi : guru mengulas materi tentang reproduksi pada protista secara umum
ü Motivasi : guru mengajukan pertanyaan tentang apa perbedaan reproduksi antara amoeba dan protozoa?
ü Menyampaikan tujuan pembelajaran.
v Kegiatan Inti
Eksplorasi
-  Peserta didik diminta mempersiapkan alat dan bahan untuk melakukan pengamatan di bawah mikroskop
-  Peserta didik diminta untuk mengamati protista mirip hewan, jamur dan tumbuhan dibawah mikroskop.
Elaborasi
-  Peserta didik menggambar dan mencatat apa saja yang mereka dapatkan pada pengamatan.
-  Peserta didik menggali informasi dari literatur untuk menunjang penemuannya di bawah mikroskop tentang perbedaan ketiga jenis protista.
-  Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui berkaitan dengan reproduksi protista.
Konfirmasi
-  peserta didik bersama denga guru menyimpulkan hasil pembelajaran tentang perbedaan antara protista mirip hewan, jamur dan tumbuhan.
v Kegiatan Penutup
-  Peserta didik diminta mengerjakan soal berkaitan dengan materi yang telah dilakukan.
-  Guru memberi tugas kepada siswa tentang materi yang telah disampaikan.
E.  Media Pembelajaran.
-     Leptop dan LCD
-     Peralatan Laboratorium
F.   Sumber Belajar
1.    Buku paket biologi kelas X Semester 1 Istamar Syamsuri penerbit Erlangga, jakarta
2.    LKS Tuntas
3.    Internet
 G.  Penilaian
Tekhnik                              : Test Tertulis
Bentuk instrument              : Essay
Soal/istrumen                      :
instrumen
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan jelas!
1.    Jelaskan mengapa alga disebut sebagai protista mirip tumbuhan? (Skor 25)
2.    Tuliskan 3 perbedaan antara protista mirip hewan dan protista mirip tumbuhan?(Skor 25)
3.    Tulsikan 3 perbedaan antara protista mirip jamur dan protista mirip hewan! (Skor 25)
4.    Hal apakah yang mendasari pengelompokkan protista menjadi 3 kelompok besar tersebut? (Skor 25)

∑ Skor Maksimal = 100                                  
Nilai =



Mengetahui                                                                     Palembang,  2013
Kepala Sekolah                                                               Guru Mata Pelajaran



Adel Farial, M. Pd                                                        Farid Yuliyadi, S.Pd





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3

Nama Sekolah             : SMA Islam Az-Zahra Palembang
Mata Pelajaran           :  Biologi
Kelas/Semester            :  X / gasal
Standar Kompetensi   : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup
Kompetensi Dasar       :  2.3 Menyajikan ciri-ciri umum kingdom Protista, dan perannya bagi kehidupan.
Indikator                      :  Menjelaskan peranan protista bagi kehidupan
Alokasi Waktu            :  2 x 45 menit (1 Kali Pertemuan)
A.  Tujuan Pembelajaran
1.    Setelah melakukan demonstrasi kelas peserta didik dapat menjelaskan peranan protista bagi kehidupan.
B.  Materi Pembelajaran
Peran protista bagi kehidupan manusia
1.      Zooplankton di ekosistem perairan sebagian besar adalah protista berklorofil yang berguna sebagai makanan ikan dan arthropoda air.
2.      Entamoeba coli di dalam usus besar mamalia ikut berperan dalam proses pembusukan sisa makanan.
3.      Foraminifera mempunyai kerangka luar dari zat kapur dan fosilnya dalam jumlah tertentu dapat membentuk endapan tanah globigerina yang dapat digunakan sebagai petunjuk adanya minyak bumi.
4.      Radiolaria mempunyai kerangka dari zat kersik. Radiolaria yang mati akan meninggalkan cangkangnya dan membentuk tanah radiolaria yang dapat digunakan sebagai bahan penggosok.
5.      Paramaecium dapat juga digunakan sebagai organisme indikator terjadinya pencemaran air oleh zat organik.
6.      Chlorella selain berperan sebagai produsen di ekosistem perairan, juga dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan protein sel tunggal (PST).
7.      Chlorella (contoh alga hijau), digunakan untuk suplemen makanan, obat-obatan, dan bahan kosmetik.
8.      Porphyra (alga merah), digunakan sebagai suplemen makanan.
9.      Rhodymenia palmata (alga merah), digunakan sebagai sumber makanan.
10.  Macrocrystas pyrifera, menghasilkan iodin yaitu unsur yang dapat mencegah penyakit gondok.
C.  Metode Pembelajaran
ü  Metode       : ceramah dan presentasi
ü  Model         : Demonstration
D.  Langkah-langkah Pembelajaran
v  Kegiatan Pendahuluan
ü Mengucapkan salam
ü Membaca  do’a dan absensi
ü Apersepsi : guru mengulas materi tentang perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
ü Motivasi : guru mengajukan pertanyaan tentang jenis protista yang diketahui berkaitan dengan peranannya bagi manusia?
ü Menyampaikan tujuan pembelajaran.
v Kegiatan Inti
Eksplorasi
-  Peserta didik dibagi menajdi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri dari 4 orang.
-  Peserta didik tiap kelompok membahas tentang peranan protista dari literatur baik buku maupun internet
Elaborasi
-  Peserta didik mendiskusikan dan mencari dari literatur untuk dipresentasikan di depan kelas.
-  Peserta didik melakukan presentasi di pepan kelas apa yang telah mereka dapatkan dalam kelompok
-  kelompok lain menyimak dan mengajukan pertanyaan bagi kelompok yang presentasi.
Konfirmasi
-  Peserta didik bersama denga guru menyimpulkan hasil pembelajaran tentang peran protista bagi kehidupan manusia.
v Kegiatan Penutup
-  Peserta didik diminta mengerjakan soal berkaitan dengan materi yang telah dilakukan.
-  Guru memberi tugas kepada siswa tentang peran protista bagi kehidupan.
E.  Media Pembelajaran.
-     Leptop dan LCD
F.   Sumber Belajar
1.    Buku paket biologi kelas X Semester 1 Istamar Syamsuri penerbit Erlangga, jakarta
2.    LKS Tuntas
3.    Internet
G.  Penilaian
Tekhnik                              : Test Tertulis
Bentuk instrument              : Essay
Soal/istrumen                      :
instrumen
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan jelas!
1.      Tuliskan 5 jenis protista yang menguntungkan bagi manusia? (Skor 25)
2.      apakah manfaat zooplangton bagi kehidupan di air?(Skor 25)
3.      Apakah fungsi Entamoeba coli dalan usus manusia! (Skor 25)
4.      Apakah fungsi dari paramaecium dalam penentuan kualitas air? (Skor 25)
∑ Skor Maksimal = 100                                 
Nilai =
Mengetahui                                                                     Palembang,  2013
Kepala Sekolah                                                               Guru Mata Pelajaran

Adel Farial, M. Pd                                                        Farid Yuliyadi, S.Pd





Semoga Bermanfaat... jika ada masukkan tulis komentar yang membangun

1 comment:

  1. alhamdlah... tugas ini sangat menyenangkan dan memicu adrenalin untuk bisa dan maju. memajukan dan membangun pendidikan di Indonesia

    ReplyDelete