Created by : Farid Yuliyadi
PROPOSAL
SHORT COURSE
Peningkatan
Pemahaman Siswa Kelas X Semester Gazal
Terhadap
Pokok Bahasan Kingdom Protista dengan
Memanfaatkan
Fasilitas Laboratorium
Latar Belakang
Dalam pembelajaran
biologi, terdapat banyak materi yang perlu dipahami dengan cara menghafal dan
mengingat. Untuk mengurangi hal tersebut banyak guru mencoba menerapkan
berbagai macam strategi guna peningkatan mutu siswa dalam pembelajaran biologi.
Untuk pemecahannya, siswa dapat mencoba teknik memahami pelajaran, bukan
menghafalkan pelajaran. Dengan memahami, siswa lebih mudah dalam menangkap
materi yang dipelajari.
Belajar biologi adalah
proses dimana biologi ditemukan dan dibangun manusia, sehingga dalam
pembelajaran biologi harus lebih dibangun oleh siswa dari pada ditanamkan oleh
guru. Dalam hal belajar biologi pada dasarnya merupakan belajar konsep. Selama
ini siswa cenderung mendengarkan konsep biologi yang diberikan oleh guru dan
menghafal konsep-konsep tersebut tanpa memahami maksud dan isinya. Jika konsep
dasar diterima salah, maka sangat sukar untuk memperbaiki kembali. Oleh karena
itu, yang penting adalah bagaimana siswa memahami konsep-konsep biologi secara
utuh, sehingga jika diterapkan dalam menyelesaikan masalah-masalah biologi
siswa tidak mengalami kesulitan.
Salah satu materi pada
kelas X semester gazal adalah kingdom protista, yang termasuk kedalam materi
baru karena pada awal penemuannya protista tergabung dalam 3 kingdom yaitu
hewan, tumbuhan dan jamur. Namun sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan
menjadi satu kingdom tersendiri yaitu protista. Dengan materi yang cukup
banyak, pokok bahasan ini perlu untuk mendapatkan penanganan tersendiri, salah
satunya adalah dengan mengadakan jadwal tambahan.
Jadwal tambahan ini
dimaksudkan agar para siswa lebih intensif dalam pembelajaran kingdom protista.
selain itu, siswa diajak untuk menemukan sendiri jenis, ciri dan perbedaan dari
kingdom protista dari pengamatan yang dilakukan di laboratorium menggunakan
bantuan mikroskop. Diharapkan dengan menemukan sendiri di laboratorium siswa
lebih termotivasi dalam pembelajaran dan secara tidak langsung dapat
meningkatkan skill dan nilai mata pelajaran biologi yang berkenaan dengan
pengamatan.
Permasalahan
1.
Materi pada pokok bahasan kingdom protista yang cukup
banyak dan kompleks.
2.
Masih banyak siswa belum memahami kingdom protista
3.
Kebanyakan siswa mendapatkan nilai dibawah rata-rata
pada tes formatif yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.
Tujuan
1.
Mengintensifkan pembelajaran pada pokok bahasan
protista dengan materi yang kompleks
2.
Meningkatkan pemahaman siswa dalam mempelajarai kingdom
protista.
3.
Meningkatkan nilai akhir siswa terutama mengenai pokok
bahasan kingdom protista.
Hasil
yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini
adalah peningkatan kualitas pembelajaran biologi pokok bahasan protista serta
siswa mampu nggunakan alat laboratorium dnegan baik.
Peserta
Pelatihan
Peserta pelatihan berjumlah 20 orang
terpilih yang telah lulus test administrasi dan memenuhi kriteria sebagai
berikut :
1. Siswa/siswi
SMA kelas X
2. Mendapatkan
Rekomendasi dari guru mata pelajaran biologi dan kepala sekolah
3. Diutamakan
yang mengalami kesulitan dalam pokok bahasan protista dengan menunjukkan hasil
ulangan
4. Sehat
Jasmani (Tidak buta warna)
Pelaksanaan
Pelatihan
Penyelenggara : Dinas Pendidikan dan
Kebudayaan Kota Palembang
Dana : Anggaran 2013
Kualifikasi Pembicara : - S-2 Pendidikan Biologi
: - Berpengalaman memberikan
pelatihan
Jumlah Pembicara : 2 Orang
Media yang
digunakan : Leptop, LCD, alat laboratorium
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi,
praktik
Tempat : Aula SMA Az-Zahra
dan Laboratorium Biologi SMA
: Az-Zahra
Waktu : 21 Jam
(pelaksanaan dalam 3 hari dimulai pukul 07.00
s/d 15.00).
Alokasi Waktu / Susunan
Acara :
Hari
Pertama
Waktu
|
Acara/Materi
Pelatihan
|
Pemandu
|
Senin 06-05-2013
|
|
|
07.00-07.30
|
Pendaftaran Ulang
|
Panitia
|
07.30-08.30
|
Pembukaan
|
MC
|
08.30-09.15
|
Pengenalan umum
Laboratorium Biologi
|
Pemateri
|
09.15-09.30
|
Coffe Break
|
MC
|
09.30-10.15
|
Pengenalan Alat-alat
laboratorium
|
Pemateri
|
10.15-11.00
|
Cara Perawatan alat
laboratorium yang benar
|
Pemateri
|
11.00-11.45
|
Mengenal Mikroskop
dan peralatan pendukung
|
Pemateri
|
11.45-12.30
|
Ishoma
|
MC dan Panitia
|
12.30-13.15
|
Teori tentang
klasifikasi protista
|
Pemateri
|
13.15-14.00
|
Teori tentang
klasifikasi protista
|
Pemateri
|
14.00-14.45
|
Penyediaan Media
pertumbuhan Protista
|
Pemateri
|
Hari
Kedua
Waktu
|
Acara/Materi
Pelatihan
|
Pemandu
|
Selasa 07-05-2013
|
|
|
07.00-08.30
|
Teori cara reproduksi
protista
|
Pemateri
|
08.30-09.15
|
Teori cara reproduksi
protista
|
Pemateri
|
09.15-10.00
|
Teori cara reproduksi
protista
|
Pemateri
|
10.00-10.15
|
Coffe Break
|
MC
|
10.15-11.00
|
Tatacara penggunaan
mikroskop
|
Pemateri
|
11.00-11.45
|
Praktik penggunaan
mikroskop menggunakan awetan kering
|
Pemateri
|
11.45-12.30
|
Ishoma
|
Pemateri
|
12.30-13.15
|
Teori tentang perbedaan
protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
|
MC dan Panitia
|
12.30-13.15
|
Teori tentang
perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
|
Pemateri
|
13.15-14.00
|
Teori tentang
perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
|
Pemateri
|
14.00-14.45
|
Teori tentang
keselamatan kerja di lab
|
Pemateri
|
Hari
ketiga
Waktu
|
Acara/Materi
Pelatihan
|
Pemandu
|
Rabu 07-05-2013
|
|
|
07.00-08.30
|
Peranan protista
dalam kehidupan manusia
|
Pemateri
|
08.30-09.15
|
Pengambilan media air
tempat habitat protista
|
Pemateri
|
09.15-10.00
|
Pengamatan protista
menggunakan mikroskop
|
Pemateri
|
10.00-10.15
|
Coffe Break
|
MC
|
10.15-11.00
|
Pengamatan protista
menggunakan mikroskop
|
Pemateri
|
11.00-11.45
|
Penutupan
|
MC
|
Materi
Pelatihan
Materi dalam pelatihan
ini mencakup teori dan praktik. materi teori mencakup teori tertulis tentang
pengenalan laboratorium, alat laboratorium, dan penjelasan tentang kingdom
protista (mencakup 4 komponen yaitu klasifikasi, cara reproduksi, perbedaan
protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur melalui pengamatan di laboratorium dan
peranan protista bagi kehidupan manusia).
materi praktik mencakup
penggunaan mikroskop dan alat laboratorium lain serta pengamatan langsung
protista menggunakan mikroskop.
Demikianlah proposal
pelatihan ini dibuat guna menunjang keterampilan siswa dalam penggunaan
alat-alat laboratorium khususnya mikroskop pada materi-materi yang membutuhkan
pengamatan menggunakan mikroskop seperti materi pada kelas X semester Gazal
tentang Kingdom Protista.
DESAIN INSTRUKSIONAL MATA PELAJARAN
BIOLOGI SMA KELAS X SEMESTER 1 POKOK BAHASAN PROTISTA
Analisis mata pelajaran Biologi Kelas X
Semester 1.
Analisis Instruksional
Satuan
Pendidikan : SMA ISLAM AZ-ZAHRA PALEMBANG
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X / 1
Standar Kompetensi : Memahami
prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup
Kompetensi Dasar : Menyajikan ciri-ciri
umum kingdom Protista, dan perannya bagi kehidupan
Materi
Pokok : Kingdom
Protista
Alokasi
Waktu : 4 X 45 menit (2 kali pertemuan)
1. Identifikasi Kebutuhan Instruksional dan
Tujuan Instruksional Umum (TIU)
·
Menyajikan ciri-ciri umum kingdom Protista, dan perannya bagi
kehidupan
Ø
Analisis Instruksional
1.
Menyebutkan 5 ciri-ciri Protista
2.
Menjelaskan Klasifikasi Protista
3.
Menjelaskan cara reproduksi Protista
4.
Menyebutkan perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan
dan jamur
5.
Menjelaskan peranan protista bagi kehidupan
6.
Menjelaskan dampak
negatif protista bagi kehidupan
2. Identifikasi Perilaku dan
Karakteristik Awal
Kompetensi yang belum dimiliki
:
1.
Menjelaskan klasifikasi protista
2.
Menjelaskan cara reproduksi Protista
3.
Menyebutkan perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan
dan jamur
4.
Menjelaskan peranan protista bagi kehidupan
Kompetensi yang sudah dimiliki :
1.
Menyebutkan 5 ciri-ciri Protista
2.
Menjelaskan dampak
negatif protista bagi kehidupan
Lingkungan :
1.
Ketersediaan Laboratorium penunjang pengamatan protista.
2.
Ketersediaan perangkat pendukung multimedia
pembelajaran seperti LCD Proyektor.
3. Tujuan
Instruksional Khusus (TIK)
1.
Setelah melakukan diskusi peserta didik dapat menjelaskan
klasifikasi protista.
2.
Setelah melakukan diskusi peserta didik dapat
menjelaskan cara reproduksi protista
3.
Setelah melakukan pengamatan di laboratorium peserta
didik dapat menyebutkan perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
4.
Setelah melakukan demonstrasi kelas peserta didik dapat
menjelaskan peranan protista bagi kehidupan
4. Tes
Acuan Patokan
(Penilaian tes acuan patokan)
NO
|
URAIAN
|
SKOR
|
1
|
Jelaskan
klasifikasi protista berdasarkan cara memperoleh makanan dan cara hidupnya!
|
20
|
2
|
Jelaskan
cara reproduksi protista mirip hewan!
|
30
|
3
|
Sebutkan
perbedaan antara protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur!
|
20
|
4
|
Tuliskan
5 peran protista bagi kehidupan manusia!
|
30
|
SKOR
|
100
|
5. Strategi
Instruksional
Mata Pelajaran : Biologi kelas X materi Protista
TIK No. 1: Setelah melakukan diskusi peserta
didik dapat menjelaskan klasifikasi protista.
Uraian Kegiatan Instruksional
|
Metode
|
Media
|
Waktu (Dalam Menit)
|
||||
Guru
|
Siswa
|
Jml
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
Deskripsi Singkat
|
Pengelompokan protista guna mengetahui macamnya
|
Ceramah
|
LCD
Laptop
|
2
|
-
|
2
|
Relevansi
|
Air yang tidak bersih dapat
mengandung salah satu dari protista
|
Ceramah
|
LCD
Laptop
|
2
|
|
2
|
|
Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
|
Setelah melakukan diskusi peserta
didik dapat menjelaskan klasifikasi protista
|
Diskusi
dan Ceramah
|
LCD
Laptop
|
1
|
|
1
|
|
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
|
Uraian Materi
|
- Klasifikasi protista berdasarkan cara mencari makan dan
cara hidupnya
|
Ceramah bervariasi dengan tanya jawab
|
LCD
Laptop
Handout
|
10
|
5
|
15
|
Contoh
|
Protista yang hidup di kolam
|
Presentasi
|
LCD
& Leptop
|
5
|
5
|
10
|
|
Latihan
|
Jelaskan klasifikasi protista
berdasarkan cara memperoleh makanan dan cara hidupnya!
|
Tanya jawab, dan presentasi
|
-
|
-
|
5
|
5
|
|
P
E
N
U
T
U
P
|
Tes Formatif dan umpan balik
|
Pelaksanaan tes berupa tes lisan untuk mengetahui
pemahaman siswa mengenai klasifikasi protista
|
Tanya jawab
|
-
|
2
|
5
|
7
|
Tindak lanjut/ follow Up
|
Penjelasan kembali klasifikasi protista
|
Ceramah
|
Handout
|
3
|
-
|
3
|
|
|
25
|
20
|
45
|
TIK No. 2 : Setelah
melakukan diskusi peserta didik dapat menjelaskan cara reproduksi protista
Uraian Kegiatan Instruksional
|
Metode
|
Media
|
Waktu (Dalam Menit)
|
||||
Guru
|
Siswa
|
Jml
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
Deskripsi Singkat
|
Pentingnya pengetahuan dalam menjelaskan cara reproduksi
protista
|
Ceramah
|
LCD
Laptop
|
2
|
-
|
2
|
Relevansi
|
Kaitan antara reproduksi hewan
dengan protista mirip hewan
|
Ceramah
|
LCD
Laptop
|
2
|
|
2
|
|
Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
|
Setelah
melakukan diskusi peserta didik dapat menjelaskan cara reproduksi protista
|
Diskusi
dan Ceramah
|
LCD
Laptop
|
1
|
|
1
|
|
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
|
Uraian Materi
|
Penjelasan tentang reproduksi
protista
|
Ceramah bervariasi dengan tanya jawab
|
LCD
Laptop
Handout
|
10
|
5
|
15
|
Contoh
|
Reproduksi protista mirip tumbuhan
|
Presentasi
|
Multimedia
pembelajaran
|
5
|
5
|
10
|
|
Latihan
|
Jelaskan cara reproduksi protista
mirip hewan!
|
Tanya jawab, dan presentasi
|
-
|
-
|
5
|
5
|
|
P
E
N
U
T
U
P
|
Tes Formatif dan umpan balik
|
Berupa Quiz dengan pertanyaan
berkaitan dengan cara reproduksi protista
Umpan
balik:
Mengidentifikasi kesulitan siswa dalam
menjawab soal quiz
|
Tanya jawab
|
-
|
2
|
5
|
7
|
Tindak lanjut/ follow Up
|
Setelah selesai Quiz, dilakukan reinforcement dengan memberikan
latihan berupa penjelasan reproduksi protista
|
Ceramah
|
Handout
|
3
|
-
|
3
|
|
|
25
|
20
|
45
|
TIK No. 3 : Setelah
melakukan pengamatan di laboratorium peserta didik dapat menyebutkan perbedaan
protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur.
|
Uraian Kegiatan Instruksional
|
Metode
|
Media
|
Waktu (Dalam Menit)
|
|||
Guru
|
Siswa
|
Jml
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
Deskripsi Singkat
|
Pentingnya bagi siswa untuk
mengetahui perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
|
Ceramah
|
LCD
Laptop
|
2
|
-
|
2
|
Relevansi
|
Contoh protista mirip tumbuhan
yang pernah ditemuan
|
Ceramah
|
LCD
Laptop
|
2
|
|
2
|
|
Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
|
Setelah
melakukan pengamatan di laboratorium peserta didik dapat menyebutkan
perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
|
Ceramah
|
LCD
Laptop
|
1
|
|
1
|
|
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
|
Uraian Materi
|
Perbedaan antara protista mirip
hewan, tumbuhan dan jamur
|
Ceramah bervariasi dengan tanya jawab
|
LCD
Laptop
Handout
|
10
|
5
|
15
|
Contoh
|
Menemukan salah satu jenis
protista mirip hewan
|
Presentasi
|
LCD
Laptop
|
5
|
5
|
10
|
|
Latihan
|
Sebutkan perbedaan antara protista
mirip hewan, tumbuhan dan jamur!
|
Tanya jawab,
|
-
|
-
|
5
|
5
|
|
P
E
N
U
T
U
P
|
Tes Formatif dan umpan balik
|
Pelaksanaan tes berupa tes lisan untuk mengetahui
pemahaman siswa mengenai perbedaan protista
|
Tanya jawab
|
-
|
2
|
5
|
7
|
Tindak lanjut/ follow Up
|
Penjelasan kembali mengenai perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
|
Ceramah
|
Handout
|
3
|
-
|
3
|
|
|
25
|
20
|
45
|
TIK No. 4 : Setelah melakukan
demonstrasi kelas peserta didik dapat menjelaskan peranan protista bagi
kehidupan.
Uraian Kegiatan Instruksional
|
Metode
|
Media
|
Waktu (Dalam Menit)
|
||||
Guru
|
Siswa
|
Jml
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
Deskripsi Singkat
|
Pentingnya bagi siswa mengetahui peranan
protista bagi kehidupan manusia
|
Ceramah
|
LCD
Laptop
|
2
|
-
|
2
|
Relevansi
|
Penggunaan beberapa jenis protista
sebagai bahan kosmetik
|
Ceramah
|
LCD
Laptop
|
2
|
|
2
|
|
Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
|
Setelah melakukan
demonstrasi kelas peserta didik dapat menjelaskan peranan protista bagi
kehidupan
|
Demonstrasi
|
LCD
Laptop
|
1
|
|
1
|
|
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
|
Uraian Materi
|
Peranan protista sangan banyak
seperti sebagai sumber makanan, obat dan bahan kosmetik
|
Ceramah bervariasi dengan tanya jawab
|
LCD
Laptop
Handout
|
10
|
5
|
15
|
Contoh
|
Pemanfaatan
protista sebagai bahan kosmetik
|
Presentasi
|
LCD
Laptop
|
5
|
5
|
10
|
|
Latihan
|
Tuliskan 5 peran protista bagi
kehidupan manusia!
|
Tanya jawab
|
-
|
-
|
5
|
5
|
|
P
E
N
U
T
U
P
|
Tes Formatif dan umpan balik
|
Pelaksanaan tes berupa tes lisan untuk mengetahui pengetahuan siswa tentang peran
protista bagi kehidupan
|
Tanya jawab
|
-
|
2
|
5
|
7
|
Tindak lanjut/ follow Up
|
Penjelasan kembali mengenai peran protista bagi kehidupan
|
Ceramah
|
Handout
|
3
|
-
|
3
|
|
|
25
|
20
|
45
|
6. Pengembangan
Materi Instruksional
Ciri-ciri umum
Protista.
Protista merupakan
organisme eukariota uniselular yang hidup soliter
atau berkoloni. Protista dapat digolongkan menjadi protista mirip hewan
(Protozoa), protista mirip tumbuhan (Algae) dan protista mirip jamur (jamur
lendir/Slime Mold).
Bentuk tubuh organisme golongan protista amatlah beragam.
Protista dibedakan menjadi protista mirip hewan (
Protozoa), mirip tumbuhan (Alga) , dan mirip jamur.
a.
Ciri-ciri umum
Protista mirip jamur
(jamur lendirl Slime Mold) selnya
memiliki inti lebih dari satu, bersifat amuboid (Myxomicotina) atau berflagel (Oomycotina)
heterotrof,menghasilkan spora, parasit atau pengurai.
b.
Ciri-ciri umum
Protista mirip tumbuhan (Alga) .
Alga merupakan organisme uniselular kecuali Alga coklat
dan merah, fotosintetik , ada yang mikroskopis dan makroskopis, hidup di air
tawar atau air laut, Pigmen lain yang dimiliki alga selain klorofil adalah
karotenoid fikosantin,fikoeritrin,
Reproduksi
alga
1. Secara vegetatif terjadi melalui :
a. Pembelahan
biner, terjadi pada alga uniseluler dimana alga membelah menjadi dua sel.
b. Zoospora/spora
kembar, patogen di protoplasma yang dibungkus oleh dinding sel dilengkapi bulu
cambuk.
c. Fragmentasi
terjadi pada alga yang berkoloni, berbentuk benang, dan lembaran dengan memutus
bagian tubuh menjadi beberapa bagian
2. Secara generatif terjadi melalui :
a.
Isogami/konyugasi, yaitu meleburnya sel kelamin jantan
dan sel kelamin betina yang belum
mempunyai bentuk dan ukuran yang sama.
b.
Oogami yaitu pertemuan antara organisme
jantan(spermatozoid) dengan organisme
betina (ovum) yang membentuk zigot.
c.
Anisogami yaitu pertemuan sel kelamin jantan ( ukuran
lebih kecil)dengan sel kelamin betina (ukuran lebih besar )
c.
Ciri-ciri umum
Protista mirip hewan
(Protozoa) organisme uniselular , soliter atau berkoloni, mikroskopis, heterotrof, hidup
bebas atau parasit , alat gerak berupa pseudopodia, silia atau flagella
Peranan protista dalam kehidupan.
Peran mengunturgkan antara lain
sebagai sumber makanan yang bemilai gizi tinggi sebagai bahan obat-obatan dan
kosmetika, pupuk.Peran merugikan dari
protista yaitu menjadi sumber penyebab penyakit (tidur, malaria,
keputihan dll).
7. Test Formatif
Tekhnik :
Test Tertulis
Bentuk instrument :
Essay dan Pilihan ganda
Soal/istrumen :
instrumen
Pilihlah
salah satu jawaban yang paling tepat !
1. Berdasarkan
hasil pengamatan didapat organisme dengan bentuk seperti pada gambar berikut.
Apakah hewan tersebut ? (Skor 10)
a. Euglena
b. Paramaecium
c. Amoeba
d. Astasia
e. Sporozoa
2. Apakah
yang menjadi dasar pengelompokan protista menjadi 3 golongan ? (Skor 10)
a. Terdapat
tidaknya alat gerak
b. Jenis
makanannya
c. Kemiripannya
d. Cara
hidupnya
e. Kebutuhan
oksigen
3. Cara
reproduksi yang dilkukan oleh plasmodium adalah .... (Skor 10)
a. Seksual
b. Aseksual
c. Membelah
diri
d. Membelah
dengan seksual
e. Partenogenesis
4. Chlorella
merupakan salah satu alga yang cukup memperoleh perhatian para ahli sebagai
sumber makanan baru, karena mengandung protein, amilum cukup tinggi. Organisme
ini termasuk .... (Skor 10)
a. Alga
cokelat
b. Alga
merah
c. Alga
biru
d. Alga
hijau
e. Alga
keemasan
5. Gambar
berikut merupakan cara reproduksi pada (Skor 10)
a.
Cyaniphyceae
b.
Chlorophyceae
c.
Xantophyceae
d.
Bacillariophyta
e.
Rhodophyta
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan tepat !
- Jelaskan perbedaan antara protista mirip hewan, jamur dan tumbuhan! (Skor 25)
- Sebutkan 5 peranan Protista yang menguntungkan bagi kehidupan manusia (Skor 25)
No comments:
Post a Comment