Sunday 21 April 2013

Desain Instruksional Biologi


 Created by : Farid Yuliyadi
PROPOSAL SHORT COURSE
Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas X Semester Gazal
Terhadap Pokok Bahasan Kingdom Protista dengan
Memanfaatkan Fasilitas Laboratorium

Latar Belakang
Dalam pembelajaran biologi, terdapat banyak materi yang perlu dipahami dengan cara menghafal dan mengingat. Untuk mengurangi hal tersebut banyak guru mencoba menerapkan berbagai macam strategi guna peningkatan mutu siswa dalam pembelajaran biologi. Untuk pemecahannya, siswa dapat mencoba teknik memahami pelajaran, bukan menghafalkan pelajaran. Dengan memahami, siswa lebih mudah dalam menangkap materi yang dipelajari.
Belajar biologi adalah proses dimana biologi ditemukan dan dibangun manusia, sehingga dalam pembelajaran biologi harus lebih dibangun oleh siswa dari pada ditanamkan oleh guru. Dalam hal belajar biologi pada dasarnya merupakan belajar konsep. Selama ini siswa cenderung mendengarkan konsep biologi yang diberikan oleh guru dan menghafal konsep-konsep tersebut tanpa memahami maksud dan isinya. Jika konsep dasar diterima salah, maka sangat sukar untuk memperbaiki kembali. Oleh karena itu, yang penting adalah bagaimana siswa memahami konsep-konsep biologi secara utuh, sehingga jika diterapkan dalam menyelesaikan masalah-masalah biologi siswa tidak mengalami kesulitan.
Salah satu materi pada kelas X semester gazal adalah kingdom protista, yang termasuk kedalam materi baru karena pada awal penemuannya protista tergabung dalam 3 kingdom yaitu hewan, tumbuhan dan jamur. Namun sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan menjadi satu kingdom tersendiri yaitu protista. Dengan materi yang cukup banyak, pokok bahasan ini perlu untuk mendapatkan penanganan tersendiri, salah satunya adalah dengan mengadakan jadwal tambahan.
Jadwal tambahan ini dimaksudkan agar para siswa lebih intensif dalam pembelajaran kingdom protista. selain itu, siswa diajak untuk menemukan sendiri jenis, ciri dan perbedaan dari kingdom protista dari pengamatan yang dilakukan di laboratorium menggunakan bantuan mikroskop. Diharapkan dengan menemukan sendiri di laboratorium siswa lebih termotivasi dalam pembelajaran dan secara tidak langsung dapat meningkatkan skill dan nilai mata pelajaran biologi yang berkenaan dengan pengamatan.

Permasalahan
1.    Materi pada pokok bahasan kingdom protista yang cukup banyak dan kompleks.
2.    Masih banyak siswa belum memahami kingdom protista
3.    Kebanyakan siswa mendapatkan nilai dibawah rata-rata pada tes formatif yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

Tujuan
1.    Mengintensifkan pembelajaran pada pokok bahasan protista dengan materi yang kompleks
2.    Meningkatkan pemahaman siswa dalam mempelajarai kingdom protista.
3.    Meningkatkan nilai akhir siswa terutama mengenai pokok bahasan kingdom protista.

Hasil yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peningkatan kualitas pembelajaran biologi pokok bahasan protista serta siswa mampu nggunakan alat laboratorium dnegan baik.

Peserta Pelatihan
Peserta pelatihan berjumlah 20 orang terpilih yang telah lulus test administrasi dan memenuhi kriteria sebagai berikut :
1.    Siswa/siswi SMA kelas X
2.    Mendapatkan Rekomendasi dari guru mata pelajaran biologi dan kepala sekolah
3.    Diutamakan yang mengalami kesulitan dalam pokok bahasan protista dengan menunjukkan hasil ulangan
4.    Sehat Jasmani (Tidak buta warna)

Pelaksanaan Pelatihan
Penyelenggara                 : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palembang
Dana                                : Anggaran 2013
Kualifikasi Pembicara     : - S-2 Pendidikan Biologi
                                        : - Berpengalaman memberikan pelatihan
Jumlah Pembicara            : 2 Orang
Media yang digunakan    : Leptop, LCD, alat laboratorium
Metode                            : Ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, praktik
Tempat                            : Aula SMA Az-Zahra dan Laboratorium Biologi SMA
                                        : Az-Zahra
Waktu                              : 21 Jam (pelaksanaan dalam 3 hari dimulai pukul 07.00
                                          s/d 15.00).

Alokasi Waktu / Susunan Acara :
Hari Pertama
Waktu
Acara/Materi Pelatihan
Pemandu
Senin 06-05-2013


07.00-07.30
Pendaftaran Ulang
Panitia
07.30-08.30
Pembukaan
MC
08.30-09.15
Pengenalan umum Laboratorium Biologi
Pemateri
09.15-09.30
Coffe Break
MC
09.30-10.15
Pengenalan Alat-alat laboratorium
Pemateri
10.15-11.00
Cara Perawatan alat laboratorium yang benar
Pemateri
11.00-11.45
Mengenal Mikroskop dan peralatan pendukung
Pemateri
11.45-12.30
Ishoma
MC dan Panitia
12.30-13.15
Teori tentang klasifikasi protista
Pemateri
13.15-14.00
Teori tentang klasifikasi protista
Pemateri
14.00-14.45
Penyediaan Media pertumbuhan Protista
Pemateri

Hari Kedua
Waktu
Acara/Materi Pelatihan
Pemandu
Selasa 07-05-2013


07.00-08.30
Teori cara reproduksi protista
Pemateri
08.30-09.15
Teori cara reproduksi protista
Pemateri
09.15-10.00
Teori cara reproduksi protista
Pemateri
10.00-10.15
Coffe Break
MC
10.15-11.00
Tatacara penggunaan mikroskop
Pemateri
11.00-11.45
Praktik penggunaan mikroskop menggunakan awetan kering
Pemateri
11.45-12.30
Ishoma
Pemateri
12.30-13.15
Teori tentang perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
MC dan Panitia
12.30-13.15
Teori tentang perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
Pemateri
13.15-14.00
Teori tentang perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
Pemateri
14.00-14.45
Teori tentang keselamatan kerja di lab
Pemateri





Hari ketiga
Waktu
Acara/Materi Pelatihan
Pemandu
Rabu 07-05-2013


07.00-08.30
Peranan protista dalam kehidupan manusia
Pemateri
08.30-09.15
Pengambilan media air tempat habitat protista
Pemateri
09.15-10.00
Pengamatan protista menggunakan mikroskop
Pemateri
10.00-10.15
Coffe Break
MC
10.15-11.00
Pengamatan protista menggunakan mikroskop
Pemateri
11.00-11.45
Penutupan
MC

Materi Pelatihan
Materi dalam pelatihan ini mencakup teori dan praktik. materi teori mencakup teori tertulis tentang pengenalan laboratorium, alat laboratorium, dan penjelasan tentang kingdom protista (mencakup 4 komponen yaitu klasifikasi, cara reproduksi, perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur melalui pengamatan di laboratorium dan peranan protista bagi kehidupan manusia).
materi praktik mencakup penggunaan mikroskop dan alat laboratorium lain serta pengamatan langsung protista menggunakan mikroskop.

Demikianlah proposal pelatihan ini dibuat guna menunjang keterampilan siswa dalam penggunaan alat-alat laboratorium khususnya mikroskop pada materi-materi yang membutuhkan pengamatan menggunakan mikroskop seperti materi pada kelas X semester Gazal tentang Kingdom Protista.




DESAIN INSTRUKSIONAL MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA KELAS X SEMESTER 1 POKOK BAHASAN PROTISTA

Analisis mata pelajaran Biologi Kelas X Semester 1.
Analisis Instruksional
Satuan Pendidikan            :  SMA ISLAM AZ-ZAHRA PALEMBANG
Mata Pelajaran                   :  Biologi
Kelas/Semester                  :  X / 1
Standar Kompetensi          :  Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup
Kompetensi Dasar             :  Menyajikan ciri-ciri umum kingdom Protista, dan perannya bagi kehidupan
Materi Pokok                     : Kingdom Protista
Alokasi Waktu                   :  4 X 45 menit (2 kali pertemuan)

1.    Identifikasi Kebutuhan Instruksional dan Tujuan Instruksional Umum (TIU)
· Menyajikan ciri-ciri umum kingdom Protista, dan perannya bagi kehidupan
Ø Analisis Instruksional
1.    Menyebutkan 5 ciri-ciri Protista
2.    Menjelaskan Klasifikasi Protista
3.    Menjelaskan cara reproduksi Protista
4.    Menyebutkan perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
5.    Menjelaskan peranan protista bagi kehidupan
6.    Menjelaskan dampak negatif protista bagi kehidupan
2.    Identifikasi Perilaku dan Karakteristik Awal
Kompetensi yang belum dimiliki    :
1.    Menjelaskan klasifikasi protista
2.    Menjelaskan cara reproduksi Protista
3.    Menyebutkan perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
4.    Menjelaskan peranan protista bagi kehidupan
Kompetensi yang sudah dimiliki :
1.    Menyebutkan 5 ciri-ciri Protista
2.    Menjelaskan dampak negatif protista bagi kehidupan
Lingkungan :  
1.    Ketersediaan Laboratorium penunjang pengamatan protista.
2.    Ketersediaan perangkat pendukung multimedia pembelajaran seperti LCD Proyektor.

3.    Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
1.    Setelah melakukan diskusi peserta didik dapat menjelaskan klasifikasi protista.
2.    Setelah melakukan diskusi peserta didik dapat menjelaskan cara reproduksi protista
3.    Setelah melakukan pengamatan di laboratorium peserta didik dapat menyebutkan perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
4.    Setelah melakukan demonstrasi kelas peserta didik dapat menjelaskan peranan protista bagi kehidupan

4.    Tes Acuan Patokan
(Penilaian tes acuan patokan)
NO
URAIAN
SKOR
1
Jelaskan klasifikasi protista berdasarkan cara memperoleh makanan dan cara hidupnya!
20
2
Jelaskan cara reproduksi protista mirip hewan!
30
3
Sebutkan perbedaan antara protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur!
20
4
Tuliskan 5 peran protista bagi kehidupan manusia!
30
SKOR
100




5.    Strategi Instruksional
Mata Pelajaran : Biologi kelas X materi Protista
TIK No. 1: Setelah melakukan diskusi peserta didik dapat menjelaskan klasifikasi protista.

Uraian Kegiatan Instruksional
Metode
Media
Waktu (Dalam Menit)
Guru
Siswa
Jml
1
2
3
4
5
6
7
8
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
Deskripsi Singkat
Pengelompokan  protista guna mengetahui macamnya
Ceramah
LCD
Laptop
2
-
2
Relevansi
Air yang tidak bersih dapat mengandung salah satu dari protista
Ceramah
LCD
Laptop
2

2
Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
Setelah melakukan diskusi peserta didik dapat menjelaskan klasifikasi protista
Diskusi dan Ceramah
LCD
Laptop
1

1

P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian Materi
-    Klasifikasi protista berdasarkan cara mencari makan dan cara hidupnya
Ceramah bervariasi dengan tanya jawab
LCD
Laptop
Handout
10
5
15
Contoh
Protista yang hidup di kolam
Presentasi
LCD & Leptop
5
5
10
Latihan

Jelaskan klasifikasi protista berdasarkan cara memperoleh makanan dan cara hidupnya!
Tanya jawab, dan presentasi
-
-
5
5


P
E
N
U
T
U
P
Tes Formatif dan umpan balik
Pelaksanaan tes berupa tes lisan untuk mengetahui pemahaman siswa mengenai klasifikasi protista
Tanya jawab
-
2
5
7
Tindak lanjut/ follow Up
Penjelasan kembali klasifikasi protista
Ceramah
Handout
3
-
3

25
20
45




TIK No. 2 : Setelah melakukan diskusi peserta didik dapat menjelaskan cara reproduksi protista 

Uraian Kegiatan Instruksional
Metode
Media
Waktu (Dalam Menit)
Guru
Siswa
Jml
1
2
3
4
5
6
7
8
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
Deskripsi Singkat
Pentingnya pengetahuan dalam menjelaskan cara reproduksi protista
Ceramah
LCD
Laptop
2
-
2
Relevansi
Kaitan antara reproduksi hewan dengan protista mirip hewan
Ceramah
LCD
Laptop
2

2
Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
Setelah melakukan diskusi peserta didik dapat menjelaskan cara reproduksi protista
Diskusi dan Ceramah
LCD
Laptop
1

1

P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian Materi
Penjelasan tentang reproduksi protista
Ceramah bervariasi dengan tanya jawab
LCD
Laptop
Handout
10
5
15
Contoh
Reproduksi protista mirip tumbuhan
Presentasi
Multimedia pembelajaran
5
5
10
Latihan

Jelaskan cara reproduksi protista mirip hewan! 
Tanya jawab, dan presentasi
-
-
5
5


P
E
N
U
T
U
P
Tes Formatif dan umpan balik
Berupa Quiz dengan pertanyaan berkaitan dengan cara reproduksi protista
Umpan balik:
Mengidentifikasi kesulitan siswa dalam menjawab soal quiz
Tanya jawab
-
2
5
7
Tindak lanjut/ follow Up
Setelah selesai Quiz, dilakukan reinforcement dengan memberikan latihan berupa penjelasan reproduksi protista
Ceramah
Handout
3
-
3

25
20
45

TIK No. 3 :  Setelah melakukan pengamatan di laboratorium peserta didik dapat menyebutkan perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur.

Uraian Kegiatan Instruksional
Metode
Media
Waktu (Dalam Menit)
Guru
Siswa
Jml
1
2
3
4
5
6
7
8
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
Deskripsi Singkat
Pentingnya bagi siswa untuk mengetahui perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
Ceramah
LCD
Laptop
2
-
2
Relevansi
Contoh protista mirip tumbuhan yang pernah ditemuan
Ceramah
LCD
Laptop
2

2
Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
Setelah melakukan pengamatan di laboratorium peserta didik dapat menyebutkan perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
Ceramah
LCD
Laptop
1

1

P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian Materi
Perbedaan antara protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
Ceramah bervariasi dengan tanya jawab
LCD
Laptop
Handout
10
5
15
Contoh
Menemukan salah satu jenis protista mirip hewan
Presentasi
LCD
Laptop
5
5
10
Latihan

Sebutkan perbedaan antara protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur!
Tanya jawab,
-
-
5
5


P
E
N
U
T
U
P
Tes Formatif dan umpan balik
Pelaksanaan tes berupa tes lisan untuk mengetahui pemahaman siswa mengenai perbedaan protista
Tanya jawab
-
2
5
7
Tindak lanjut/ follow Up
Penjelasan kembali mengenai perbedaan protista mirip hewan, tumbuhan dan jamur
Ceramah
Handout
3
-
3

25
20
45

TIK No. 4 : Setelah melakukan demonstrasi kelas peserta didik dapat menjelaskan peranan protista bagi kehidupan.

Uraian Kegiatan Instruksional
Metode
Media
Waktu (Dalam Menit)
Guru
Siswa
Jml
1
2
3
4
5
6
7
8
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
Deskripsi Singkat
Pentingnya bagi siswa mengetahui peranan protista bagi kehidupan manusia
Ceramah
LCD
Laptop
2
-
2
Relevansi
Penggunaan beberapa jenis protista sebagai bahan kosmetik
Ceramah
LCD
Laptop
2

2
Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
Setelah melakukan demonstrasi kelas peserta didik dapat menjelaskan peranan protista bagi kehidupan
Demonstrasi
LCD
Laptop
1

1

P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian Materi
Peranan protista sangan banyak seperti sebagai sumber makanan, obat dan bahan kosmetik

Ceramah bervariasi dengan tanya jawab
LCD
Laptop
Handout
10
5
15
Contoh
Pemanfaatan protista sebagai bahan kosmetik
Presentasi
LCD
Laptop
5
5
10
Latihan

Tuliskan 5 peran protista bagi kehidupan manusia!

Tanya jawab
-
-
5
5


P
E
N
U
T
U
P
Tes Formatif dan umpan balik
Pelaksanaan tes berupa tes lisan untuk mengetahui pengetahuan siswa tentang peran protista bagi kehidupan
Tanya jawab
-
2
5
7
Tindak lanjut/ follow Up
Penjelasan kembali mengenai peran protista bagi kehidupan
Ceramah
Handout
3
-
3

25
20
45










6.    Pengembangan Materi Instruksional
Ciri-ciri umum Protista.
Protista merupakan organisme eukariota uniselular yang hidup soliter atau berkoloni. Protista dapat digolongkan menjadi protista mirip hewan (Protozoa), protista mirip tumbuhan (Algae) dan protista mirip jamur (jamur lendir/Slime Mold). Bentuk tubuh organisme golongan protista amatlah beragam.
Protista dibedakan menjadi protista mirip hewan ( Protozoa), mirip tumbuhan (Alga) , dan mirip jamur.
a.    Ciri-ciri umum Protista mirip jamur
(jamur lendirl Slime Mold) selnya memiliki inti lebih dari satu, bersifat amuboid (Myxomicotina)  atau berflagel (Oomycotina) heterotrof,menghasilkan spora, parasit atau pengurai.
b.    Ciri-ciri umum Protista mirip tumbuhan (Alga) .
Alga merupakan organisme uniselular kecuali Alga coklat dan merah, fotosintetik , ada yang mikroskopis dan makroskopis, hidup di air tawar atau air laut, Pigmen lain yang dimiliki alga selain klorofil adalah karotenoid fikosantin,fikoeritrin,
Reproduksi alga
 1. Secara vegetatif terjadi melalui :
a.    Pembelahan biner, terjadi pada alga uniseluler dimana alga membelah   menjadi dua sel.
b.    Zoospora/spora kembar, patogen di protoplasma yang dibungkus oleh dinding sel dilengkapi bulu cambuk.
c.    Fragmentasi terjadi pada alga yang berkoloni, berbentuk benang, dan lembaran dengan memutus bagian tubuh menjadi beberapa bagian
2.    Secara generatif terjadi melalui :
a.    Isogami/konyugasi, yaitu meleburnya sel kelamin jantan dan sel kelamin     betina yang belum mempunyai bentuk dan ukuran yang sama.
b.    Oogami yaitu pertemuan antara organisme jantan(spermatozoid) dengan   organisme betina (ovum) yang membentuk zigot.
c.    Anisogami yaitu pertemuan sel kelamin jantan ( ukuran lebih kecil)dengan sel kelamin betina (ukuran lebih besar )
c.    Ciri-ciri umum Protista mirip hewan
(Protozoa) organisme uniselular , soliter atau  berkoloni, mikroskopis, heterotrof, hidup bebas atau parasit , alat gerak berupa pseudopodia, silia atau flagella
Peranan protista dalam kehidupan.
Peran mengunturgkan antara lain sebagai sumber makanan yang bemilai gizi tinggi sebagai bahan obat-obatan dan kosmetika, pupuk.Peran merugikan dari  protista yaitu menjadi sumber penyebab penyakit (tidur, malaria, keputihan dll).

7.    Test Formatif
Tekhnik                              : Test Tertulis
Bentuk instrument              : Essay dan Pilihan ganda
Soal/istrumen                      :
instrumen
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !
1.    Berdasarkan hasil pengamatan didapat organisme dengan bentuk seperti pada gambar berikut. Apakah hewan tersebut ? (Skor 10)

a.       Euglena
b.      Paramaecium
c.       Amoeba
d.      Astasia
e.       Sporozoa
2.    Apakah yang menjadi dasar pengelompokan protista menjadi 3 golongan ? (Skor 10)
a.    Terdapat tidaknya alat gerak
b.    Jenis makanannya
c.    Kemiripannya
d.   Cara hidupnya
e.    Kebutuhan oksigen
3.    Cara reproduksi yang dilkukan oleh plasmodium adalah .... (Skor 10)
a.    Seksual                                                                     
b.    Aseksual
c.    Membelah diri
d.   Membelah dengan seksual
e.    Partenogenesis
4.    Chlorella merupakan salah satu alga yang cukup memperoleh perhatian para ahli sebagai sumber makanan baru, karena mengandung protein, amilum cukup tinggi. Organisme ini termasuk .... (Skor 10)
a.    Alga cokelat
b.    Alga merah
c.    Alga biru
d.   Alga hijau
e.    Alga keemasan
5.    Gambar berikut merupakan cara reproduksi pada (Skor 10)
a.    Cyaniphyceae
b.    Chlorophyceae
c.    Xantophyceae
d.    Bacillariophyta
e.    Rhodophyta

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan tepat !
  1. Jelaskan perbedaan antara protista mirip hewan, jamur dan tumbuhan! (Skor 25)
  2. Sebutkan 5 peranan Protista yang menguntungkan bagi kehidupan manusia (Skor 25)

No comments:

Post a Comment